7 Rekomendasi Buah untuk Menurunkan Kolesterol

buah untuk menurunkan kolesterol
Ilustrasi buah-buahan penurun kolesterol

Buah untuk menurunkan kolesterol banyak ragamnya. Buah untuk cegah kolesterol ini cocok dijadikan herbal guna menangkal berbagai penyakit mematikan. Mengontrol kolesterol itu penting. Karena dengan cara itu dapat mencegah serangan penyakit jantung, diabetes, maupun stroke.

Gaya hidup modern selain mempermudah kehidupan manusia ternyata juga membawa dampak makin rentannya tubuh terhadap serangan penyakit. Apalagi jika pola makan tidak terkontrol sehingga lebih sering mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Saat ini penyakit jantung dan kanker menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Angka kasus penderita penyakit degeneratif itupun terus meningkat. Tak sedikit dari kasus itu yang berakhir dengan kematian. Maka penyakit itu perlu dicegah dengan rajin mengkonsumsi buah untuk menurunkan kolesterol.

Penyakit degeneratif merupakan jenis penyakit paling berbahaya yang semakin ditakuti. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi karena gaya hidup dan pola makan tidak sehat. Utamanya makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Makanan dengan kolesterol tinggi dan lemak jahat inilah yang memicu terjadinya sejumlah penyakit mematikan, khususnya penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Karena itulah mengubah gaya hidup sehat dengan memperhatikan pola dan jenis asupan makanan merupakan langkah antisipasi terbaik jika anda tak ingin menderita penyakit berbahay tersebut. Lantas makanan atau buah untuk menurunkan kolesterol yang mana yang terbaik?

Pilihan Buah Untuk Menurunkan Kolesterol yang Ampuh

Menjalani gaya hidup sehat tentunya harus dibarengi dengan pemilihan asupan makanan sehat untuk tubuh. Begitupun untuk menangkal penyakit degeneratif bisa dilakukan dengan menjauhi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Anda juga bisa memilih makanan terbaik yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Khususnya yang kaya dengan kandungan serat tinggi dan antioksidannya. Nutrisi ini sangat penting untuk mengatasi penumpukan kolesterol dalam darah.

Nah, dibawah ini rekomendasi beberapa buah untuk menurunkan kolesterol yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan anda.

Buah Alpukat

Alpukat sangat popular sebagai buah yang baik untuk program diet menurunkan berat badan. Buah ini juga diketahui kaya dengan kandungan serat dan antioksidan yang ampuh menurunkan kolesterol tubuh.

Buah alpukat juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti glutathione yang berfungsi mengontrol kadar gula darah. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Buah Manggis

Buah manggis juga dikenal banyak mengandung serat dan nutrisi yang penting untuk kesehatan. Buah yang manis ini juga diketahui mengandung antioksidan dan bahan aktif anti kanker. Makanya manggis masuk ke dalam daftar buah untuk menurunkan kolesterol.

Buah Pir

Buah pir termasuk populer untuk diet. Kandungan serat dan airnya yang tinggi sangat baik untuk menurunkan berat badan. Makan satu buah pir mampu mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian Anda.

Serat alami buah ini juga memiliki fungsi unik karena mampu mengikatkolesterol jahat. Setelah itu kolesterol akan dibuang dari tubuh. Mengkonsumsi buah manis menyegarkan ini baik untuk kesehatan jantung anda.

Buah Jambu Merah

Pilihan lain buah untuk menurunkan kolesterol adalah jambu merah. Buah ini juga kaya serat dan nutrisi penting, seperti vitamin A, B3, B6, C, kalium, dan fitonutrein lainnya.

Buah ini juga populer dengan sebutan jambu air karena banyak mengandung air. Buah ini enak dimakan langsung atau dibuat minuman jus dengan dicampur buah lainnya untuk memelihara kesehatan jantung anda.

Buah Pepaya

Pepaya diketahui sangat kaya dengan kandungan vitamin C, E, likopen, dan lainnya. Enzim paraxonase dan antioksidan dalam pepaya berkhasiat mengontrol kolesterol jahat dan menangkal oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah.

Pepaya paling banyak digunakan sebagai buah untuk menurunkan kolesterol. Karena buah ini banyak ditanam di pakarangan rumah dan harganya pun relatif murah.

Buah Apel

Apel diketahui mengandung pektin, jenis serat larut air yang efektif mengatasi kolesterol. Namun zat ini banyak terkandung di bagian kulit buah. Karena itu dalam memakan buah ini sertakan dengan kulitnya.

Buah Anggur

Buah anggur juga diketahui mengandung flavonoid, resveratrol, dan piceatannol yang merupakan zat antioksidan. Dalam anggur juga terdapat fitonutrien zat anti mikroba yang mengendalikan kolesterol dalam tubuh.

Itulah berbagai jenis buah untuk menurunkan kolesterol yang sangat direkomendasikan untuk kesehatan anda. (R8/HR-Online)