Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita PangandaranBulan Muharam, Tradisi Hajat Laut di Pangandaran Berlangsung di 15 Lokasi

Bulan Muharam, Tradisi Hajat Laut di Pangandaran Berlangsung di 15 Lokasi

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Selama bulan Muharam ini, tradisi Hajat Laut di Pangandaran, Jawa Barat, rencananya akan digelar di 15 lokasi dengan prosesi yang berbeda.

Usai mengelar kegiatan tersebut, warga di Kabupaten Pangandaran selalu menutupnya dengan kegiatan pentas seni dan budaya, seperti ngaronggeng, pengajian, dan seni wayang.

Budayawan yang juga Penggiat Wisata di Pangandaran, Edi Rusmiadi, mengatakan, setiap memasuki bulan Muharam, para nelayan selalu menggelar acara tradisi Hajat Laut atau syukuran nelayan.

“Hajat laut merupakan salah satu kegiatan tradisional yang ada di Kabupaten Pangandaran, dan tradisi ini sudah turun-temurun dilakukan oleh warga Pangandaran dari dulu hingga sekarang,” terangnya, kepada HR Online, Minggu (01/09/2019).

Lebih lanjut Edi mengatakan, pagelaran Hajat Laut di Pangandaran merupakan salah satu bentuk syukuran para nelayan kepada Alloh SWT, atas limpahan rejeki yang dihasilkan dari laut.

Untuk syukuran di Pantai Timur Pangandaran sudah digelar pada Minggu (01/09/2019) pagi, dengan prosesi tabur bunga oleh Bupati Pangandaran, anggota DPRD, serta jajaran SKPD lingkup Pemkab. Pangandaran.

“Di tempat yang lain juga ada warga atau nelayan yang mengelar Hajat Laut dengan tradisi larung saji yang dibuang di tengah laut. Tradisi tersebut masih tetap ada di Pangandaran,” kata Edi. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -