Bupati Herdiat Buka Kompetisi Hockey se-Pulau Jawa di Ciamis

Bupati Cup Hockey Ciamis
Pembukaan kompetisi olahraga hockey "Bupati Cup Hockey Ciamis Competition 2019", se-Pulau Jawa di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis Jumat (13/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, secara resmi membuka kompetisi olahraga hockey ‘Bupati Cup Hockey Ciamis Competition 2019’, se-Pulau Jawa di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Jumat (13/9/2019).

Kompetisi hockey ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Jumat, Sabtu dan Minggu (13-14-15/9/2019).

Dalam sambutannya, Herdiat mengaku bangga dengan perkembangan olahraga hockey di Kabupaten Ciamis. Walaupun dengan keterbatasan sarana prasarana, namun atlet hockey Ciamis mampu berprestasi di tingkat Provinsi hingga Nasional.

“Ke depan, sarana prasarana olahraga termasuk hockey akan kita lengkapi, sehingga potensi atlet hockey di Kabupaten Ciamis bisa terus dibina demi mencapai prestasi untuk mengharumkan nama Ciamis,” ujar Herdiat.

Pihaknya berharap, lewat event kompetisi hockey ini akan lahir atlet-atlet hockey handal asal Ciamis yang berprestasi di tingkat nasional.

“Selamat bertanding, saya minta kepada wasit dan perangkat pertandingan agar profesional, bertindak sportif, sehingga akan keluar juara yang benar-benar juara,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Federasi Hockey Indonesia Cabang Ciamis, Erwan Darmawan, mengatakan, kompetisi Bupati Cup Hockey Ciamis ini diikuti 14 tim se-Pulau Jawa, diantaranya dari Kota Banjar, Ciamis, Kebumen, Kabupaten Bandung, Gresik, Garut, Kota Bandung dan Bekasi.

Dari ke-14 tim tersebut, 8 tim adalah usia 14 tahun dan 6 tim usia 18 tahun.

“Kita pun sengaja mengundang tim yang juara di masing-masing provinsinya, guna melihat sejauh mana perkembangan atlet hockey Ciamis dibanding atlet dari daerah lain,” katanya.

Dikatakan, saat ini ada sekitar 205 orang penggiat olahraga hockey di Ciamis. Menurutnya, potensi atlet hockey di Ciamis sangat banyak. Namun tidak diimbangi dengan sarana yang ada. Untuk sarana latihan, selama ini menggunakan GGT.

“Walau demikian kita patut bangga karena atlet hockey Ciamis sudah banyak yang berprestasi, saat ini ada 5 atlet yang ikut Pelatda untuk persiapan PON, dan satu atlet ikut Pelatnas, ini sangat membanggakan,” ucapnya.

Sayangnya lanjut Erwan, saat ini olahraga hockey belum memasyarakat. Di setiap sekolah pun belum ada yang melaksanakan ekstra kulikuler olahraga hockey. Hanya SMAN 1 Ciamis yang sudah memasukan hockey sebagai pilihan ekskul di sekolah.

“Jika ada sekolah yang ingin ada latihan hockey kita siap datang, alat termasuk tongkat kita persilakan pakai tidak dipungut biaya, pelatih juga kita siapkan, asal sekolah siap saja,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)