Bupati Herdiat: Masyarakat Ciamis Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Magrib Mengaji di Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat sambutan pada kegiatan pengajian menyambut tahun baru 1441 Hijriah di Pendopo Ciamis, Senin (9/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Ciamis, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Pasalnya, dari puntung rokok tersebut bisa menyebabkan kebakaran luar biasa di musim kemarau ini.

“Musim kemarau ini sangat riskan, membuang puntung rokok saja bisa membakar hektaran hutan,” ucapnya pada sambutan kegiatan peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriah, Senin (9/9/2019).

Kata dia, di musim kemarau ini musibah kebakaran di wilayah Ciamis terus meningkat. Makanya perlu ada kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dari hal hal yang menjadi pemicu kebakaran.

“Harus diminimalisir, selain jangan buang puntung rokok sembarangan, di musim kemarau masyarakat jangan bakar sampah di kebun atau hutan, terus kalau menggunakan tungku api, pastikan api padam ketika kita meninggalkan rumah,” ucapnya.

Herdiat juga meminta masyarakat agar menghemat air di musim kemarau ini. Kemarau panjang ini begitu dirasakan hampir di setiap daerah di Kabupaten Ciamis.

Upaya pemerintah memberikan bantuan air bersih belum mampu menanggulangi kekurangan air bersih di masyarakat.

“Kalau misalnya sudah waktunya, kita sebagai umat muslim bisa melaksanakan solat istisqo meminta diturunkan hujan kepada Allah SWT, maka kami mohon bantuannya para alim ulama untuk mendampingi Pemda melaksanakan salat Istisqo,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)