Cara Cek Mobil Bekas Sebelum Anda Memutuskan untuk Membelinya

: cara cek mobil bekas
Ilustrasi Mobil Bekas. Foto: Istimewa

Cara cek mobil bekas memang paling banyak dicari oleh mereka yang ingin membeli mobil second. Khususnya mengecek bagian mobil second menjadi hal yang paling penting. Karena bila kondisi mesin masih bagus anda tidak menyesal untuk membelinya, begitu pula sebaliknya.

Biasanya orang awam merasa khawatir saat ingin membeli mobil bekas karena mereka kurang paham mengenai mesin mobil. Ketika membeli mobil bekas di showroom, banyak yang mementingkan penampilan luar yang rapi dan mengkilap. Padahal kondisi mesin menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Padahal mengetahui cara cek mobil bekas itu penting sekali. Karena untuk memperoleh mobil second yang mempunyai kondisi baik dibutuhkan pengecekan khusus. Terutama pada bagian mesin mobilnya.

Hal ini dikarenakan akan lebih sulit memprediksi kerusakan mesin daripada kerusakan bodi mobil. Kondisi mesin juga memperlihatkan apakah mobil sudah mempunyai jarak tempuh yang jauh atau jam terbang yang tinggi. Termasuk bagian saluran pipa pembuangan emisi atau knalpot mobilnya.

Oleh sebab itu anda harus tahu beberapa petunjuk umum yang bisa membantu anda. Khususnya dalam melakukan cek fisik terhadap mobil bekas sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Inilah Cara Cek Mobil Bekas Paling Mudah

Bila anda ingin tahu bagaimana cara cek mobil bekas yang paling mudah untuk dilakukan sebelum anda membelinya. Maka kami akan membagikan informasi lengkap yang bisa menjadi panduan dan referensi anda.

1. Cek Ruang Mesin

Pertama-tama anda bisa membuka kap mesin lalu memeriksa kondisi di sekeliling ruangan mesin tersebut. Apakah ada cat yang tampak relatif baru dibandingkan dengan cat lainnya. Di sini bisa dilihat jika ruang mesin pernah dicat.

Kondisi ruang mesin yang sudah pernah dicat menjadi indikasi bahwa mesin mobil sudah pernah diturunkan.Penyebab turunnya mesin dapat didasari oleh berbagai macam hal. Seperti mobil bekas sudah pernah tabrakan atau terkena banjir dan lain sebagainya.

2. Lihat Kondisi Mesin

Salah satu cara membeli mobil bekas berkualitas adalah dengan mengecek kondisi mesin mobil. Pastikan tidak ada kebocoran bahan bakar atau oli, perhatikan pula kondisi fisik mesin. Mobil yang terawat yaitu mobil yang bebas dari kebocoran mesin atau selang selang.

Untuk mengetahuinya cukup mudah. Anda amati satu persatu bagian mesin mobil lalu pastikan tidak ada rembesan oli dan berbagai cairan lainnya. Perhatikan mur dan baut yang ada. Bila baut baru atau bagian ujungnya cacat, tanyakan pada pedagang yang menjualnya. Umumnya pedagang nakal berupaya menutupi kerusakan dengan mencuci mesin mobil agar tidak tampak ada oli yang rembes.

3. Coba starter

Salah satu cara cek mobil bekas masih bagus atau tidak adalah dengan starter mobil tersebut. Suara mesin mobil yang di stater masih halus dan konstan ketika mesin stasioner atau dihidupkan tanpa hentakan gas. Serta saat piranti audio dan AC dinonaktifkan.

Mobil yang sehat dan terawat ketika distarter dari kondisi dingin langsung konstan menyala dan suaranya tidak tersendat-sendat. Hal ini juga berlaku sebagai cara mengecek mobil tua. Kondisi mobil yang sudah tua biasanya mesinnya saat distarter sudah tersendat. Tetapi jika masih bagus itu tandanya mobil terawat dengan baik.

Bila tersendat itu kemungkinan aki mobilnya bermasalah. Atau bisa jadi mobil jarang diservis secara berkala jadi kinerja mesin tersumbat oleh berbagai macam kotoran.

4. Gas Buang

Anda harus mencermati ujung knalpot. Perhatikan dengan seksama gas buang pada mobil. apakah ada hal yang tidak wajar keluar dari knalpot. Tanda-tanda atau bekas hasil pembakaran pada mesin di ujung knalpot bisa menjadi petunjuk yang akurat mengenai kondisi mobil.

Cara cek mobil bekas bisa dilihat melalui asap yang keluar dari knalpot. Bila asapnya hitam, maka indikasinya telah terjadi pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.

Sementara itu bila asap knalpot putih bisa jadi ada campuran oli dalam ruang pembakaran. Bila ada tetesan air di knalpot ini adalah hal yang wajar. Ini menjadi tanda mesin mobil anda masih bagus.

5. Test Drive

Sebaiknya anda jangan buru-buru ketika melakukan test drive. Karena ada banyak masalah terjadi saat mesin mobil sudah panas dan dipakai untuk perjalanan dalam waktu lama. Ketika test drive, anda harus memperhatikan kenyamanan perpindahan transmisi, performa mesin dan performa lainnya.

Akan lebih baik bila melakukan cara cek mobil bekas menyeluruh sebelum anda memutuskan untuk memilih dan membeli mobil tersebut. Bukan hanya bagian mesin dan interiornya saja. Tetapi eksterior seperti body mesin dan kaki-kaki nya juga harus diperhatikan ini demi kebaikan anda. (R9/HR-Online)