Hacker Mencuri Data Identitas Kamu Melalui Media Sosial, Hati-hati!

Hacker Mencuri Data Identitas Kamu Melalui Media Sosial, Hati-hati!
Hacker mencuri data identitas kamu dengan mudah melalui media sosial. Photo : Ilustrasi.

Hacker mencuri data identitas kamu dengan mudah melalui media sosial. Oleh karena itu kamu harus lebih berhati-hati lagi ketika berselancar di dunia maya. Seiring dengan perkembangan zaman, media sosial memang tak bisa lepas dari kehidupan kita saat ini.

Melalui media sosial, kita bisa menjalin komunikasi untuk bersilaturahmi dengan kerabat maupun teman kita yang sudah lama tidak bertemu. Tapi di sisi lainnya, media sosial pun bisa merugikanmu.

Karena biasanya hacker mencuri data identitas seseorang untuk digunakan dalam melancarkan aksi kejahatannya. Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/09/2019), ada beberapa cara yang dilakukan peretas untuk mencuri indentitas digital seseorang.

Mencuri Informasi Melalui Profil

Ternyata bagi hacker sangat mudah untuk mencuri data identitas sesorang. Hanya dengan mengklik profil sesorang di media sosial, maka semua data yang dibutuhkan oleh mereka langsung terpampang.

Apalagi kalau dalam profil itu kamu mencantumkan semua data identitasmu dengan mengisi kolom data informasi yang ditanyakan, dari mulai tanggal dan tahun kelahiran, alamat, email, sampai nomor kontak telepon.

Jadi, mulai sekarang kurangi hasratmu untuk menyebarkan data identitas pribadi di media sosial, seperti halnya alamat dan nomor kontak. Atur juga akunmu menjadi private dan cuma orang tertentu saja yang dapat melihat apa dibagikan olehmu di medsos.

Mencuri Informasi dari Akun Teman

Jika kamu pernah stalk akun teman lalu mengklik akun lain yang muncul, kemudian kamu teemukan teman dari akun temanmu itu, maka seperti itulah cara yang dilakukan hacker mencuri data identitas kamu melalui akun temanmu.

Guna mendapatkan informasi tentang kamu, peretas akan mencari tahu akun siapa saja orang-orang di sekitarmu. Untuk menghidari kejahatan tersebut, jangan pernah membagikan data pribadimu di medsos.

Mendapatkan Data Lokasimu dari Foto yang Dibagikan

Saat hang out bersama saudara atau teman, pastinya kamu akan berfoto lalu membagikan lokasi di mana kamu berada. Tapi tahukah kamu kalau ternyata hal itu cukup membahayakan.

Apalagi jika foto dan lokasi yang dibagikan itu berada di tempat tinggalmu, sehingga orang lain bisa dengan mudah mengetahui di mana lokasimu. Ini tentunya berbahaya, karena bisa dimanfaatkan hacker mencuri data indentitas kamu.

Hacker Curi Data dari Aplikasi & Situs Lain

Ada sebagian situs medsos yang memungkinkan penggunanya pasang aplikasi lainnya yang terhubung. Kadang kita pun ditawari masuk situs tertentu dengan menggunkan akun medsos kita.

Disarankan sebaiknya kamu hindari hal itu, lantaran tidak semua situs atau aplikasi dapat memberikan apa yang dicari oleh kamu. Justru sebaliknya, peretas memanfaatkan untuk mencuri data identitas pribadimu.

Hacker Curi Data dari Informasi yang Telah Dihapus

Seperti kita ketahui bahwa jejak digital tak bisa hilang sepenuhnya, meskipun apa yang kamu upload sudah dihapus dan informasi itu masih tetap ada. Terlebih kini sudah ada situs yang dapat mencatat aktivitas pengguna di medsos, seperti halnya Wayback Machine.

Untuk menghindari hacker mencuri data identias kita, maka kita harus selektif saat akan membagikan sesuatu di media sosil. Jangan membagikan informasi yang nantinya akan kamu sesali. Misal, foto atau video yang memalukan.

Hacker Kirim Kamu Link Phishing

Phishing adalah cara hacker mencuri password dengan form log in pada situs palsu. Saat kamu dapat link yang mencurigakan jangan pernah diklik, apalagi dari orang yang tidak kamu kenal. Jika diklik, maka peretas akan dengan mudah mendapatkan password kamu.

Karena terkadang link tersebut berisikan malware yang bisa mencuri data identitas pribadi dari device yang digunakan olehmu. Tentu saja kamu pun tak mau hal itu terjadi kan?

Mencuri Data Melalui Friend Request  

Tak perlu bersembunyi untuk bisa mendapatkan data identitas seseorang, mereka cukup memfollow atau menambahkan kamu sebagai teman sehingga bisa melihat informasi yang kamu bagikan.

Kemudian, mereka akan mengirim pesan untuk mengajak berkenalan, atau bisa juga mengamati pengaturan privasimu. Karena itulah pentingnya memilih-milih teman di medsos.

Meski media sosial tak bisa lepas dari kehidupan kita saat ini, namun kamu juga perlu tahu celah apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh hacker mencuri data identitas pribadi kamu. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...