Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik Biar Cukup Satu Bulan

Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik Biar Cukup Satu Bulan

Cara hemat gunakan pulsa listrik biar cukup satu bulan sebetulnya ada triknya. Dengan cara hemat ini akan membantu meringankan kantong Anda. Apalagi biaya listrik sekarang semakin mahal karena tarif dasar listrik dari PLN terus naik setiap tahunnya.

Pembelian dan pemakaian pulsa listrik yang biasanya cukup untuk satu bulan, kini tidak lagi. Lalu, bagaimana cara hemat gunakan pulsa listrik biar cukup satu bulan? Berikut ini tips menghemat pemakaian pulsa listrik yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

Trik Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik

Ubah Kebiasaan Boros

Disadari atau tidak, mungkin kita seringkali boros dalam pemakaian listrik. Contohnya, ketika tertidur saat menonton televisi, atau tidak mematikan lampu kamar mandi saat tidak dipakai.

Mulailah berhemat dengan cara menyalakan listrik secara manual ketika melakukan aktifitas yang memang membutuhkan aliran listrik.

Misalnya, menghilangkan kebiasaan memakai blender saat membuat sambal dan beralih dengan cara mengulek serta menghilangkan kebiasaan menanak nasi dengan rice cooker.

Gunakan AC Berdaya Rendah

Di daerah tropis, pendingin udara seperti air conditioner (AC) memang seringkali dipakai untuk mengatasi dan mengurangi suhu panas ruangan. Padahal, pemakaian alat elektronik ini sangat menyedot daya listrik.

Untuk menyiasatinya, lebih baik memilih air conditioner (AC) dengan daya rendah dan ramah lingkungan, contohnya kipas angin.

Pastikan Ventilasi Terbuka dan Bersih

Bagi yang sudah memiliki pendingin ruangan atau air conditioner (AC), baiknya periksa kembali kondisi ventilasi rumah Anda. Bisa jadi kondisinya masih tertutup rapat. Padahal, ruangan yang masih tertutup rapat justru membuat kinerja AC menjadi lebih keras.

Karena kinerja AC-nya bertambah, otomotis memerlukan daya listrik besar. Wajar jika diakhir bulan pengeluaran pembelian token membengkak. Mulai sekarang buka dan perbaiki kondisi ventilasi rumah Anda.

Jangan lupa bersihkan juga kondisi penyaring udaranya yang sudah terkena debu. Dengan begitu, sirkulasi udara di ruangan rumah menjadi tetap bersih dan segar.

Cabut Kabel dari Stop Kontak

Cara hemat gunakan pulsa listrik berikutnya adalah biasakan mencabut kabel listrik dari stop kontak ketika tidak lagi digunakan. Kabel yang dibiarkan terus tertancap pada stop kontak, walaupun perangkatnya tidak dipakai, tetap akan menyerap daya listrik.

Mencabut kabel dari stop kontak ternyata sama halnya dengan menghemat daya listrik hingga 30 persen.

Bijak Gunakan Mesin Cuci

Meski kapasitasnya besar, cobalah hindari mengisi penuh mesin cuci dengan pakaian. Mengisi penuh mesin dengan pakaian akan membebani mesin ketika dioperasikan.

Baiknya, sisakan ruang sekitar 25 persen agar mesin berputar normal dan maksimal ketika mengeringkan baju. Ketika mesin berputar normal otomatis daya listrik pun tidak akan tersedot banyak.

Selain itu disarankan waktu mencuci pada siang hari. Hal itu agar lebih hemat karena tarif listrik di siang hari lumayan rendah.

Mengganti Lampu Rumah dengan Lampu LED

Lampu LED sekarang sudah banyak diproduksi, baik di luar negeri maupun di Indonesia. Lampu LED lebih hemat listrik, tahan lama, lebih terang dan tidak gampang panas.

Pilih jumlah watt lampu yang sesuai dengan ukuran ruangan rumah Anda. Misalnya, untuk kamar bisa gunakan lampu LED 5 watt. Sedangkan ruang tamu bisa yang 10 watt.

Mengganti TV di Rumah dengan TV LED

Jika Anda masih memiliki TV tabung di rumah, sebaiknya ganti dengan TV LED yang kini sudah bisa didapat dengan harga Rp 1,5 jutaan saja. Langkah itu merupakan cara hemat gunakan pulsa listrik. Sebab TV LED dapat menghemat pemakaian pulsa listrik. Jenis TV itu konsumsi dayanya tidak terlalu besar dibanding TV tabung.

Pakai Mesin Cuci Pengering Sesuai Kondisi

Apabila kondisi cuaca sedang panas, sebaiknya Anda gunakan mesin cuci untuk mencuci saja, jangan untuk pengering. Pasalnya, mesin cuci pengering butuh daya yang banyak dan juga lama, otomatis listrik pulsa rumah Anda akan cepat habis.

Gunakan Setrika yang Hemat Listrik

Penggunaan alat setrika juga perlu diperhatikan. Karena jika tidak memilih setrika yang hemat listrik maka pulsa listrik rumah Anda pun akan boros.

Jadi, pilihlah setrika yang hemat daya listrik. Biasanya setrika hemat listrik memiliki fitur kontrol suhu yang otomatis.

Jangan Gunakan Pompa Air

Tidak menggunakan pompa air di rumah menjadi salah satu dari 11 cara hemat gunakan pulsa listrik. Sebaiknya Anda gunakan toren air yang diletakkan pada ketinggian tertentu. Dengan begitu, air bisa mengalir ke kamar mandi rumah tanpa memerlukan mesin pompa. Hal ini tentunya akan membuat pemakaian pulsa listrik Anda tidak terlalu boros.

Pakai Alat Penghemat Listrik

Cara hemat gunakan pulsa listrik yang cukup mudah adalah dengan memakai alat penghemat listrik. Alat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di sejumlah toko listrik.

Dengan alat tersebut maka konsumsi pulsa listrik rumah dengan daya 900 watt maupun yang lebih besar akan lebih hemat.

Pilih Daya Sesuai Kebutuhan

Perlu diketahui bahwa daya listrik rumah Anda dapat mempengaruhi boros tidaknya pemakaian. Sebab, daya di atas 900 watt sudah tak lagi disubsidi pemerintah sehingga harga pulsa listrik pun lebih mahal.

Untuk itu, sebaiknya sesuaikan kebutuhan listrik rumah, jangan pilih daya yang lebih besar bila pemakaian listrik di rumah tidak terlalu besar. Dari sekarang Anda harus mencoba cara hemat gunakan pulsa listrik agar tidak lagi menjadi beban bulanan yang memberatkan. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...