Cara Memilih Helm Agar Terhindar dari Produk Abal-abal

cara memilih helm
Ilustrasi penggunaan helm. Foto: Istimewa

Cara memilih helm dengan baik perlu diterapkan saat anda membeli helm. Dengan cara memilih yang teliti tentu akan terhindar dari penipuan. Apalagi akhir-akhir ini helm palsu atau helm KW sedang marak bermunculan di Indonesia. Bahkan berbagai macam merk helm premium juga dipalsukan.

Bukan hanya sparepart dan juga oli yang dipalsukan. Tetapi helm pun juga demikian. Oleh sebab itu anda harus mengetahui cara memilih helm dan seperti apa ciri-ciri helm palsu agar anda tidak tertipu dengan produk abal-abal.

Seperti yang kita tahu kalau spare part dan oli sudah sering dipalsukan dan beredar di mana-mana. Bahkan untuk membedakan yang asli dengan yang palsu kita merasa kesulitan. 

Belum selesai masalah sparepart dan oli palsu, saat ini muncul helm palsu yang membuat warga resah. Bukan hanya karena harganya mahal, namun juga menyangkut keselamatan pengendara bermotor. Maka dari itu perlu mengetahui cara memilih helm asli dan palsu.

Ada cukup banyak merk helm premium yang dipalsukan karena harganya mahal. Salah satunya seperti helm yang merupakan brand helm yang digunakan oleh pembalap MotoGP Marc Marquez.

Di dalam istilah pemotor, helm palsu disebut sebagai helm replika. Helm replika ini tidak dilengkapi emboss SNI. Sementara untuk helm Shoei asli yang masuk ke Indonesia melalui distributor resmi tentunya sudah dilengkapi homologasi SNI.

Cara Memilih Helm Asli Bukan Replika

Lantas bagaimana kita bisa mengetahui helm tersebut asli atau KW? Kita bisa menerapkan cara memilih helm dan mengetahui ciri-ciri helm palsu tersebut. Sehingga kita bisa tahu mana yang asli dan mana yang palsu.

Helm punya peran penting di dalam hal keselamatan berkendara untuk pengguna motor. Jadi anda harus memastikan jangan sampai salah saat anda memilih helm. Sebab helm yang menjadi pelindung kepala anda dari benturan jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus diketahui dalam cara memilih helm adalah menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Apakah helm digunakan untuk riding jarak jauh atau digunakan dalam penggunaan sehari-hari. Sebab ada helm half face dan full face.

Sebelum anda membeli helm sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis helm yang sesuai kebutuhan anda. Helm full face cocok bagi perjalanan jauh dan juga touring. Di samping itu helm ini cocok dipadukan dengan motor sport 150cc ke atas atau motor trail.

Sementara itu, bagi anda yang beraktivitas sehari-hari di dalam kota seperti dipakai untuk perjalanan dari rumah ke kantor atau ke kampus. Anda bisa memilih jenis helm half face. Ini lebih mudah untuk dibuka tutup kacanya. Desainnya simple dan jenis helm ini cocok untuk segala jenis motor bebek atau matic.

Helm SNI

Salah satu persyaratan supaya anda tidak ditilang polisi ketika berkendara menggunakan sepeda motor adalah memakai helm. Namun anda juga harus memperhatikan cara memilih helm standar.

Helm standar yang sesuai dengan peraturan pemerintah merupakan helm yang mempunyai label Standar Nasional Indonesia atau SNI.

Umumnya label ini berada di sisi belakang helm baik berupa stiker atau emblem. Selain itu, ada juga helm dengan label DOT atau Department Of Transportation. Ini adalah label standar yang dipakai di luar negeri.

DOT sama dengan yang berlabel SNI. Label ini ada di beberapa helm produksi luar negeri. Sehingga sebelum membelinya anda harus memeriksa label yang ada pada helm tersebut.

Ketahui Ciri-ciri Helm Palsu

Anda harus tahu cara memilih helm dan mengenali ciri-ciri helm palsu agar tidak salah membeli. Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan helm palsu atau asli. Paling penting adalah styrofoamnya tidak terlalu keras dan lembut.

Bahan ini diakui menjadi salah satu pendukung keselamatan kepala dari pemotor. Styrofoam yang keras tidak meredam getaran namun menghantarkan getaran dan dapat merusak sistem otak.

Selain styrofoam anda juga bisa memperhatikan pelindung di bagian luar. Cangkang helm harus terbuat dari plastik yang tahan terhadap benturan. Cara memilih helm paling ampuh untuk memastikan asli atau tidaknya, maka penjual berani membanting helm bila ditantang konsumen.

Selain itu cara memilih helm untuk mengetahui keasliannya adalah cek fitur kelengkapannya. Seperti sirkulasi udara dan juga tali yang kuat, serta tidak mudah putus supaya helm tidak terlepas dari kepala. (R9/HR-Online)