Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam Agar Kembali Mulus Tanpa ke Bengkel

Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam
Ilustrasi mobil baret. Foto: Istimewa

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam pastinya langsung dicari oleh pecinta otomotif yang peduli dengan tampilan mobilnya. Baret itu sendiri bisa disebabkan karena menabrak suatu benda, tergores benda tajam, hingga kenakalan anak.

Adanya baret tentu saja membuat tampilan mobil terkesan kurang menarik. Tak heran jika pemilik mobil yang dompetnya tebal langsung membawanya ke bengkel untuk memoles bagian yang baret.

Biaya pemolesan mobil terbilang mahal sehingga bukan jalan keluar bagi pemilik mobil yang kantongnya tipis. Jika anda memiliki budget terbatas, mau tak mau anda harus mengatasinya sendiri tanpa bantuan spesialis bengkel.

Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda praktekkan di rumah untuk menghilangkan baret pada mobil kesayangan anda.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata ampuh dalam menghilangkan baret mobil yang dalam. Dalam memanfaatkan pasta gigi, anda harus pastikan dulu bahwa body mobil anda bersih.

Setelah memastikannya, anda bisa menyiapkan kain lembut sebagai tempat untuk menuangkan pasta gigi. Jika sudah, anda bisa membasahi kain. Kemudian tuangkan pasta gigi secukupnya ke kain tersebut.

Kain ini bisa anda gunakan untuk menggosok bagian mobil yang baret. Supaya pemolesannya sama rata, pastikan anda menggosoknya secara melingkar.

Hanya saja, cara menghilangkan baret mobil yang dalam dengan pasta gigi ini tidak akan efektif apabila anda tidak memadukannya dengan cara lainnya. Jika hanya menghandalkan pasta gigi saja, tentu akan sia-sia.

Menggunakan Kompon

Baret yang dalam pada mobil juga bisa dihilangkan dengan menggunakan kompon. Cara menghilangkan baret dengan kompon ini tak sesulit yang anda bayangkan sehingga anda tak perlu ragu melakukannya.

Selain menggunakan kompon poles, anda perlu menyiapkan sandpaper 1500-grit dan 2000-grit, alat poles, serta kain lembut. Setelah semua alat siap, anda bisa memberikan area mobil yang terkena baret.

Jika bagian baretnya sudah bersih, anda bisa mengambil amplas 2000-grit. Kemudian basahi dengan air dan gunakan untuk menggosok bagian yang baret. Lakukan penggosokan tersebut secara satu arah agar hasilnya lebih merata dan memuaskan.

Cat Ulang

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam selanjutnya yaitu melakukan pengecatan ulang. Namun anda tak disarankan untuk langsung mengecat bagian yang baret begitu saja.

Sebelum melakukan pengecatan ulang, anda perlu mengamplasnya beberapa kali. Dalam pengecatan ulang pun, anda harus mencampurnya dengan thinner yang berkualitas.

Menggunakan Minyak Rem

Anda bisa manfaatkan minyak rem untuk menghilangkan baret yang dalam pada mobil anda. Adapun caranya ialah dengan menuangkan minyak rem sesuai kebutuhan pada kanebo kering.

Selain itu, anda sebenarnya juga bisa langsung menuangkan minyak rem pada bagian mobil yang terkena baret. Hanya saja, anda harus menghindari penuangan minyak rem pada body mobil yang masih mulus agar tak rusak.

Karena terlalu beresiko jika menuangkan langsung ke baret, maka ada baiknya anda gunakan kanebo kering. Setelah itu, anda bisa membersihkan dengan air dan mengelapnya menggunakan kanebo kering.

Perlu untuk anda ketahui, minyak rem bersifat keras sehingga anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Agar baret cepat hilang, anda perlu melakukan cara menghilangkan baret mobil yang dalam ini secara berulang-ulang.

Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Tak hanya baret ringan dan sedang, obat nyamuk cair juga bisa digunakan untuk mengatasi baret yang dalam. Hal ini terbukti bermanfaat apabila anda juga mengimbanginya dengan menerapkan cara lainnya.

Dalam menghilangkan baret mobil dengan obat nyamuk cair itu sendiri, anda harus siapkan takaran obat nyamuk cair sesuai dengan besarnya baret.

Setelah itu, ambil kanebo kering dan aplikasikan pada bagian mobil yang baret. Pastikan kanebo benar-benar kering karena jika menggunakan kanebo basah bisa menghilangkan kandungan yang ada di dalam obat nyamuk.

Dalam mengoleskan obat nyamuk cair ke bagian baret, anda perlu melakukannya secara merata. Setelah itu, tunggu sekitar 20 detik dan bilas dengan air bersih. Lalu keringkan menggunakan lap.

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam memang beragam. Tanpa harus membawanya ke bengkel, anda bisa hilangkan baret mobil secara mudah dan irit biaya. (R9/HR-Online)