Cara Merawat Mesin Mobil yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Cara Merawat Mesin Mobil
Ilustrasi merawat mesin mobil. Foto: Istimewa

Cara merawat mesin mobil itu sebenarnya mudah. Merawat mesin mobil wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Sebab menurut riset, ternyata ada cairan di mobil yang harus selalu dicek.

Sebagai pengendara tentunya anda ingin mobil anda awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Hal itu agar bisa memastikan mobil selalu bernilai tinggi dan nyaman untuk dikendarai. Maka pengguna mobil harus tahu bagaimana cara merawat mesin mobil.

Selain itu, perawatan juga harus dilakukan secara rutin, baik secara pribadi atau dengan servis berkala ke bengkel resminya.

Lantas seperti apa cara merawat mesin mobil yang harus anda lakukan? Anda tak perlu bingung dan khawatir. Karena perawatan ini bisa dilakukan anda sendiri di rumah dengan menggunakan panduan berikut ini.

Panduan Cara Merawat Mesin Mobil

Mesin menjadi komponen utama sebuah mobil. Dengan begitu merawat mesin tentunya jadi kewajiban untuk pemilik mobil. Perawatan mesin sama saja memperpanjang usia mobil.

Untuk itu, sebaiknya anda bisa mempelajari cara merawat mesin mobil agar kendaraan kesayangan terawat dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

Ganti Oli Secara Berkala

Salah satu perawatan mobil yang paling penting yakni mengganti oli secara berkala. Penggantian oli normalnya dilakukan dengan jarak 3000 sampai dengan 5000 km. Hal ini bergantung jenis oli yang dipakai dan penggunaannya juga mempengaruhi kondisi mesin mobil.

Penggantian oli penting sekali dilakukan khususnya bila mobil sering dipakai terus-menerus. Seperti untuk persewaan mobil atau yang lainnya. Fungsi oli adalah menahan gesekan saat mesin mobil bekerja. Oli yang berkualitas dapat menjaga kondisi mobil selalu stabil dan optimal.

Perawatan Aki Mobil

Komponen penting di dalam sebuah kendaraan adalah aki. Oleh sebab itu, cara merawat mesin mobil yang harus dilakukan adalah menjaga aki supaya awet dan tahan lama.

Caranya sangat mudah, anda bisa memastikan air aki di dalam level yang seharusnya, yakni antara garis batas penanda. Selain itu anda juga dapat melakukan pengecekan aki dengan mengukur tegangan aki lewat voltmeter.

Pemeriksaan Kabel dan Lampu

Dalam cara merawat mesin mobil yang baik, Anda tidak terpaku pada komponen mesin saja. Tetapi harus juga memeriksa kabel dan lampu mobil secara rutin.

Sesekali anda akan menemukan kabel yang kendur atau terputus. Atau lampu mobil mulai redup. Hal itu supaya tidak bermasalah pastikan semua kabel dan lampu mobil selalu dalam kondisi normal.

Pastikan Kopling Normal

Tips yang satu ini berlaku bila kondisi mobil anda transmisi manual. Bila kampas kopling sudah aus, perpindahan gigi bisa semakin berat dan ini akan mengganggu kenyamanan berkendara. Persneling yang sulit dipindah menjadi salah satu indikasi bahwa kampas kopling mulai aus.

Isi Penuh Bahan Bakar

Cara merawat mesin mobil selanjutnya adalah dengan mengisi bahan bakar penuh. Kebiasaan mengisi bahan bakar dengan tidak penuh bisa membuat kotoran dan kerak menempel di atas tangki bahan bakar.

Jadi, tidak ada salahnya anda mengisi tangki bahan bakar selalu penuh. Hal itu supaya kondisi bagian atas bersih dan bebas dari kerak dan kotoran. Bila kerak pada tangki bahan bakar terbawa ke saluran pembakaran bisa sangat berbahaya.

Disarankan pula anda menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi. Umumnya pabrik merekomendasikan bahan bakar yang beroktan tinggi dan bebas timbal. Bahan bakar dengan kandungan timbal bisa membuat penyumbatan terjadi dan mesin mobil anda gagal bekerja.

Tune Up Secara Rutin

Melakukan tune up secara rutin di bengkel mobil merupakan salah satu hal terpenting dalam cara merawat mesin mobil. Namun, untuk yang satu ini anda tidak bisa melakukannya sendiri. Sebaiknya minta bantuan mekanik bengkel. Dengan melakukan tune up bisa membuat mesin mobil selalu awet dan bekerja dengan optimal.

Ketika proses tune up, komponen vital yang ada di dalam mesin mobil diperiksa secara menyeluruh. Ketika terjadi kerusakan atau masalah maka bengkel akan memperbaiki masalah mobil anda.

Cek Starter Mobil

Cek starter mobil rupanya masuk ke dalam hal yang terpenting dalam cara merawat mesin mobil yang baik. Dengan melakukan pengecekan pada starter, Anda akan mengetahui kondisi mesin mobil.

Jika mesin sulit dihidupkan, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada starter. Hal ini bisa dikarenakan suplai bahan bakar atau udara yang berkurang di dalam mobil.

Oleh sebab itu, anda dapat mencoba memeriksa filter. Caranya dengan mencabut filter lalu membersihkannya menggunakan sikat gigi atau kuas.

Itulah salah satu cara merawat mesin mobil yang bisa anda lakukan. Tetapi bila mesin masih susah dihidupkan, maka jalan satu-satunya adalah membawa mobil anda ke bengkel terdekat. (R9/HR-Online)