Ciamis Kembali Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha ke-13 Kali

Wahana Tata Nugraha
Plt Kadishub Ciamis saat menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha ke-113 kalinya dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, di Jakarta Convention Center, Minggu (15/9/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Untuk ke-13 kalinya, Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Endang Sutrisna, secara langsung menerima penghargaan WTN dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, di Jakarta Convention Center, Minggu (15/9/2019). 

Plt Kadishub Endang Sutrisna, mengaku bangga Ciamis untuk kesekian kalinya mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha.

“Ini adalah pencapaian yang ke-13 kalinya, Kabupaten Ciamis sejak tahun 2001 ikut penilaian,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi lalu lintas yang cukup tertib di Kabupaten Ciamis dan gencarnya sosialisasi keselamatan jalan sejak dini yang dilakukan Dinas Perhubungan ke sekolah-sekolah, menjadi salah satu faktor kembali diraihnya WTN tersebut. 

“Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat atas kemampuan daerah,” ucapnya.

Selain itu, kata Endang, penghargaan WTN ini diraih berkat peran serta masyarakat Ciamis dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan yang diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia.

Endang menyebut, penilaian WTN diserahkan ini meliputi sistem transportasi perkotaan sehingga tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan.

“Sebuah kebanggaan Ciamis ini mendapat WTN tanpa catatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Endang, di wilayah Priangan timur, Jawa Barat, hanya Ciamis yang mendapat WTN. Daerah lainnya adalah Kota Bandung, Sukabumi, Bogor, Cirebon, Depok, dan Kabupaten Bandung. 

“Ucapan terima kasih kepada semua masyarakat Ciamis yang berperilaku tertib selama di jalan raya. Kita harap penghargaan ini bisa terus dipertahankan, motivasi untuk tertib lalu lintas dan mengutamakan keselamatan,” ungkapnya. 

Endang menambahkan, Dishub Ciamis bertekad terus memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana, terutama rambu-rambu lalu lintas, fasilitas terminal, dan sarana transportasi umum. (Jujang/R7/HR-Online)