Ciptakan Kemandirian Desa, Bumdes dan Karang Taruna di Ciamis Harus Sinergis

Bumdes dan Karang Taruna
Taufan Nugraha, sekretaris Forum Bumdes Ciamis, saat berbicara di hadapan para peserta kemah pemuda Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing di Gunung Susuru Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya mendukung kemandirian ekonomi desa, Bumdes dan Karang Taruna harus bersinergis menangkap peluang usaha lokal.

Demikian disampaikan Sekretaris Forum Bumdesa Kabupaten Ciamis, Taufan Nugraha, saat menjadi pemateri dalam kegiatan kemah pemuda Karangtaruna Desa se-Kecamatan Cijeungjing, di situs Gunung Susuru, Desa Kertabumi, Sabtu (7/9/2019).

Menurutnya, sinergitas antara Bumdes dan Karang Taruna di tingkat desa harus dijalin dan tingkatkan. Caranya dengan membangun pola kerjasama yang saling menguntungkan dan saling mendukung pergerakan ekonomi di desa.

“Harus juga ditopang oleh SDM dan sumber daya modal dan berjalan beriringan, agar kemandirian ekonomi dapat diwujudkan,” ujarnya.

Kata dia, pergerakan ekonomi di desa menjadi penunjang perkembangan ekonomi daerah, dan pergerakan ekonomi daerah menunjang perekonomian nasional.

Karang Taruna memiliki Sumber SDM yang mempunyai semangat dan jiwa berani, sedangkan Bumdes memiliki sumber daya modal yang dapat disalurkan untuk menjalankan usaha sekaligus menggerakan roda perekonomian di tingkat desa.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah harus ada komitmen dari semua pihak, khususnya dari kepala desanya masing-masing,” jelasnya.

Lanjutnya, pergerakan ekonomi di desa harus berkelanjutan, agar dapat mewujudkan visi misi Bupati Ciamis.

Sementara itu, Bendahara Forum Bumdes Kabupaten Ciamis, Yusuf Ramdani, menambahkan,  Karang Taruna harus mempunyai inovasi dalam mengembangkan produk-produk lokal di daerahnya.

“Namun kita harus memulainya dari diri sendiri, serta harus merasa bangga dengan produk desa kita,” ucapnya.

Lanjutnya, perkembangan teknologi dan era digital harus dimanfaatkan secara maksimal dan positif oleh para pemuda untuk meningkatkan promosi produk-produk unggulan desanya masing-masing. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...