DAK Disdik Ciamis Disorot, Input Data Banyak yang Ngaco

DAK Disdik Ciamis
Kasi Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Ciamis, Tatang. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Laskar Merah Putih Kabupaten Ciamis menyoroti dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. Pasalnya Laskar Merah Putih menemukan dana pencairan DAK Disdik Ciamis yang tidak sesuai dan tertukar dengan sekolah lain. Hal ini terjadi hampir di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Saat rekan-rekan LMP (Laskar Merah Putih) melakukan monitoring DAK, banyak kepala sekolah yang mengeluh karena dana pencairan DAK  tertukar, sehingga pengerjaannya pun jadi terganggu,” kata Prima, ketua Laskar Merah Putih saat melakukan audensi di Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Rabu (04/09/2019). 

Lanjut Prima, kejadian ini diduga lantaran pihak Disdik melakukan kesalahan saat input data. Prima menilai hal ini merupakan kesalahan yang tidak wajar, seharusnya pihak Disdik sebagai penginput data harus lebih professional karena menyangkut fasilitas belajar mengajar di sekolah.

“Kejadian ini sangat tidak wajar, menurut saya seharusnya sebelum menginput data dicek terlebih dahulu, jangan asal-asalan menginput,” tegasnya. 

Selain itu, Prima juga menyoroti kelalaian mengenai SPK dan RAB yang belum ditandatangani oleh kepala Disdik Ciamis sebagai penanggung jawab kegiatan. Akibatnya, berkas harus dikembalikan lagi ke Disdik hingga memakan waktu satu Minggu . 

“Pernah ada kejadian saat tahap 1,  SPK dan RAB belum ditanda tangan oleh kepala Disdik Ciamis, sangat tidak wajar dan bisa dianggap tidak profesional,” paparnya. 

Sementara itu, Kasi Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Ciamis, Tatang, membenarkan adanya kesalahan input data DAK Disdik Ciamis yang dilakukan operator.

“Memang benar ada kesalahan input dari operatornya, namun kami akan memperbaikinya segera, secepatnya,” kata Tatang. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...