Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisDalam Sehari, Dua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Ciamis

Dalam Sehari, Dua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dalam satu hari ini, Minggu (22/09/2019), dua peristiwa kebakaran terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yakni kebakaran rumah di Desa Raksabaya, dan kebakaran lahan di Desa Imbanagara.

Rumah permanen yang ditinggali Karso dan keluarganya di Dusun Legoknyeneng, Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas itu tak bisa diselamatkan lantaran api dengan cepat membakar rumah beserta isinya.

Beruntung, tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran rumah tersebut, hanya saja pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian materi hingga puluhan juta rupiah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah milik Karso itu diduga dari tungku api yang dipakai memasak.

“Saat itu karena masih pagi, pemilik rumah ketiduran dan meninggalkan tungku api. Diduga api menjalar dari tungku dan membakar bahan yang mudah terbakar,” terangnya.

Bahkan, lanjut Ani, api menjalar hingga membakar gas 3 kilogram dan satu unit sepeda motor. Aparat TNI-Polri dan warga sekitar dibantu satu unit mobil Damkar berusaha untuk memadamkan api, namun api dalam waktu singkat melalap bangunan rumah milik korban. “Akibat kejadian ini, untuk sementara korban tinggal di rumah kerabatnya,” kata Ani.

sementara di lokasi lainnya, ratusan bata lahan kosong milik Pemerintah Desa Imbanagara yang berada di pinggir Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya, juga terbakar pada Minggu (22/09/2019) pagi tadi, sekitar pukul 11.20 WIB.

Akibat dari kebakaran tersebut, arus lalu lintas kendaraan menjadi terganggu karena banyak pengendara yang berhenti untuk melihat lahan yang terbakar.

Iwa, salah seorang warga setempat, mengatakan, kebakaran diduga berasal dari bekas pembakaran sampah yang dilakukan warga sekitar.

“Limbah sampah yang dibakar itu menjalar dan merembet ke lahan kosong di sekitarnya yang dipenuhi ilalang kering, sehingga api dengan cepat membakar lahan tersebut,” katanya.

Beberapa menit saat terjadi kebakaran, mobil Damkar tiba di lokasi dan bekerja ekstra berupaya memadamkan api bersama-sama dengan warga sekitar agar tidak meluas.

“Jika api tidak segera ditangani petugas Damkar, dipastikan bakal meluas dan menimbulkan kebakaran hebat, karena lokasi kebakaran berdekatan dengan SPBU Imbanagara,” tandas Iwa. (Jujang/R3/HR-Online)

- Advertisment -