Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDi Ciamis, Doel Sumbang Curi Perhatian Pengunjung Festival Layang Lakbok 2019

Di Ciamis, Doel Sumbang Curi Perhatian Pengunjung Festival Layang Lakbok 2019

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Festival Layang Lakbok 2019 yang berlangsung di Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Jum’at (27/9/2019).

Pembukaan Festival Layang Lakbok yang dihadiri juga oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Yana D Putra ini, bersamaan dengan kegiatan Jambore Desa yang diikuti oleh seluruh desa yang ada di Jawa Barat.

Pantauan HR Online di lapangan, ribuan warga memadati lokasi layangan di tengah sawah. Sementara itu, layangan yang dipasang lampu mengudara bak bintang beterbangan menghiasi malam.

Selain layangan pada malam hari, penampilan berbagai seni tradisional yang dimainkan warga Lakbok menghibur pengunjung. Pengunjung juga dikejutkan oleh hadirnya Doel Sumbang.

Penyanyi lagu-lagu Sunda legendaris ini mengapresiasi Festival Layang Lakbok 2019. Dia mengaku takjub lantaran ada layangan pada malam hari.

Pada kesempatan itu, Doel Sumbang membawakan lagu Sisi Laut Pangandaran sebagai pembuka, juga lagu lainnya ‘Di Hamparan Sajadah’.

Sementara, Irfan Nuary, Ketua panitia layang Lakbok mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah festival berbasis masyarakat yang berusaha menjaga ekosistem Lakbok, agar berdampak positif bagi warga.

“Kami memiliki jaringan festival di Indonesia, seperti di Aceh, Dieng, Sumatera Utara. Sehingga dengan ini kita bisa mengenalkan potensi yang ada, terutama potensi di bidang pertanian,” kata Irfan.

Irfan menambahkan, Festival Layang Lakbok ini dihadiri juga oleh wisatawan asal Perancis dan Swiss. Diharapkan ke depannya acara yang rutin tiap tahun ini mendatangkan turis, baik lokal maupun mancanegara.

“Ke depan ini menjadi semangat baru warga, apalagi kehadiran Gubernur ke sini. Kita ingin pemerintah membangun masyarakat bukan hanya infrastruktur saja, tapi SDM. Dan kami bertekad memberdayakan masyarakat, salah satunya melalui acara seperti ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi Festival Layang Lakbok yang menjadi salah satu ciri khas yang unik, yakni layangan pada malam hari.

“Ini sangat luar biasa sekali, Ciamis memiliki potensi yang begitu besar,” katanya.

Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil ini menambahkan, Festival Layang Lakbok ini, ke depan harus dilaksanakan secara rutin, bahkan akan dilombakan dan memperebutkan piala gubernur. (Muhafid/R7/HR-Online)

- Advertisment -