Dibalik Manfaat Makanan Pedas untuk Diet juga Bikin Otak Encer

manfaat makanan pedas untuk diet
Ilustrasi cabe. Foto: Istimewa

Kabar gembira untuk anda yang suka makanan pedas. Sebab ada banyak manfaat makanan pedas untuk diet dan kesehatan. Tak hanya itu, makanan pedas juga ampuh membuat pikiran lebih fresh dan segar.

Masyarakat Indonesia dikenal dengan kegemarannya yang sangat menyukai makanan pedas. Seenak dan semewah apapun makanan yang tersaji namun jika tidak ada sambal atau saus pedas rasanya ada yang kurang.

Bahkan hanya dengan lauk kerupuk atau timun saja asal ada sambalnya, makan akan terasa sangat nikmat. Begitulah lidah orang Indonesia yang memang sangat menyukai dan begitu tergantung dengan rasa pedas makanan.

Rasa pedas masakan bukan saja membuat nikmat saat melahap. Namun juga memberikan manfaat untuk kesehatan. Ada banyak manfaat makanan pedas, termasuk manfaat makanan pedas untuk diet dan menurunkan berat badan.

Masakan pedas berasal dari cabai yang digunakan. Rasa pedas cabai (Capsicum annum L) berasal dari senyawa capsaicin pada septae dalam jaringan buahnya. Capsaicin juga ditemukan pada biji cabai meski rendah jumlahnya.

Capsaicin inilah yang banyak mengandung zat antikarsinogenik, antibakteri, antidiabetes, dan bersifat analgesik. Senyawa ini juga berkhasiat mengurangi kadar kolesterol HDL tubuh.

Cabai juga kaya dengan vitamin C sebanyak 240% dari kebutuhan harian tubuh, vitamin B6 (piridoksin) sebanyak 39% dan vitamin A 36%. Cabai juga mengandung tembaga 14%, zat besi 13%, kalium 7%, dan kalsium.

Cabai pun banyak mengandung energi sebesar 40 kal, karbohidrat, dan protein. Buah sayur ini kaya akan serat, namun rendah kandungan lemaknya.

Beragam Manfaat Makanan Pedas untuk Diet dan Kesehatan

Dengan nutrisi dan senyawa yang terdapat dalam cabai membuatnya berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini sejumlah manfaat makanan pedas untuk diet maupun untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Menangkal Penyakit Kanker

Rasa pedas dari cabai dan bumbu rempah diketahui mengandung banyak senyawa penting. Mengkonsumsi makanan pedas juga besar khasiatnya dalam menangkal dan mencegah serangan kanker.

Hal ini karena kandungan flavonoid, vitamin C, dan capcaisin dalam makanan pedas. Selain dapat menangkal radikal bebas, juga mampu membunuh sel-sel kanker.

Karena itulah anda perlu memasukkan makanan pedas dalam menu harian anda. Karena selain untuk diet, juga bisa untuk mencegah kanker. Namun makan makanan pedas secara rutin tidak boleh berlebihan, karena malah bisa mengganggu pencernaan.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Makan makanan pedas juga berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Rasa pedas pada makanan yang dikonsumsi akan memicu tubuh untuk bereaksi dengan membakar kalori lebih banyak.

Keringat yang bercucuran saat kita makan makanan pedas merupakan hasil reaksi pembakaran lemak. Bahkan proses pembakaran kalori bisa berlangsung hingga setengah jam.

Manfaat makanan pedas untuk diet tentunya sangat berguna dalam mengurangi timbunan lemak yang menyebabkan kegemukan. Karena itulah biasakan mengkonsumsi makanan pedas sebagai cara menurunkan berat badan.

Menyegarkan Pikiran Lebih Fresh dan Encer

Mengkonsumsi makanan pedas ternyata berguna untuk menyegarkan pikiran dan membuat otak berpikir lebih jernih. Perasaan lega bukan hanya secara fisik, namun juga memberikan semangat psikologis yang lebih besar.

Efek ini berasal dari senyawa rosemary dan spearmint dari makanan pedas yang mampu meningkatkan dan memperkuat daya ingat. Bahkan senyawa ini dipercaya bisa mencegah alzheimer dan penyakit yang menyerang otak.

Dapat Melegakan Pernapasan

Jika teori manfaat makanan pedas untuk diet belum populer di masyarakat Indonesia, namun berbeda dengan mitos yang satu ini. Sebagian masyarakat kita beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan pedas bisa mengatasi penyakit flu. Ternyata mitos ini tidak sepenuhnya benar. Karena yang benar adalah khasiat cabai yang mampu melegakan pernafasan.

Senyawa capcaisin dari cabai yang memberikan rasa pedas dan panas, juga mampu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Sedangkan pada orang yang menderita flu, rasa pedas membuat hidung tersumbat menjadi lega. Namun, apakah makanan pedas bisa mengobati penyakit flu? Hingga saat ini belum ada pembuktian secara ilmiahnya.

Itulah manfaat makanan pedas untuk diet maupun beragam khasiat lainnya untuk kesehatan dan bisa bikin otak encer dan lebih fresh. (R8/HR-Online)