Dibalik Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

manfaat masker kopi untuk wajah
Ilustrasi masker kopi. Foto: Istimewa

Manfaat masker kopi untuk wajah ternyata sangat besar. Manfaat masker ini sangat ampuh untuk perawatan wajah dan kulit tubuh. Dengan begitu, kopi tidak hanya nikmat untuk diminum saja, tetapi juga sangat ampuh untuk perawatan wajah dan kulit tubuh.

Selain itu, kopi juga dipercaya ampuh dalam menangkal sejumlah penyakit, termasuk kanker. Sayangnya, ramuan ini tidak sepopuler masker dengan bengkoang, ketimun, atau herbal lainnya.

Diketahui kopi mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Diantaranya kopi mengandung riboflavin (vitamin B2), asam pantothenic (vitamin B5), niacin, dan thiamine.

Manfaat masker kopi untuk wajah tampaknya bukan hanya mitos belaka. Tetapi sudah dibuktikan dengan fakta yang diperoleh dari hasil penelitian ilmiah.

Kopi ternyata mengandung beragam mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Diantaranya ada potasium, mangan, magnesium dan kromium yang melancarkan produksi hormon insulin untuk mengontrol gula darah.

Beragam Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Kulit Tubuh

Ada beragam manfaat masker kopi untuk wajah yang sebaiknya anda tahu. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Dapat Mencerahkan Kulit

Kandungan asam dalam kopi berkhasiat dalam proses regenerasi dan mengangkat sel kulit yang telah mati. Kopi juga berguna melancarkan aliran darah ke jaringan kulit yang menjadikan wajah terlihat cerah dan bersinar.

Scrub kopi juga bermanfaat dalam melancarkan pori-pori yang tersumbat sekaligus menyamarkan kerutan halus pada wajah. Dengan begitu manfaat masker kopi untuk wajah memang banyak khasiatnya.

Mengatasi Mata Panda

Kantong mata yang berwarna hitam atau mata panda juga bisa diatasi dengan masker kopi. Kafein dalam kopi dapat membuat pembuluh darah di bawah kulit menymbit yang berguna meredakan bengkak tersebut.

Dengan mengoleskan masker kopi juga bisa menekan penggumpalan darah di bawah mata maupun meredakan peradangan akibat mata panda.

Menangkal Kanker Kulit

Manfaat masker kopi untuk wajah lainnya adalah dalam menangkal dan melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Seperti temuan penelitian yang dimuat di jurnal Proceeding National Academy of Sciences.

Karena itu jika kulit atau wajah anda terkena dampak paparan sinar UV atau cahaya matahari segera gunakan masker kopi karena senyawa kafeinnya berkhasiat dalam melindungi dan menekan risiko kanker kulit.

Membantu Menyamarkan Selulit

Journal of Cosmetology tahun 2008 menerbitkan sebuah hasil riset tentang pengaruh kopi sebagai eksfoliator yang berguna dalam menyamarkan selulit.

Manfaat masker kopi ini kabarnya berasal dari kandungan kafein maupun antioksidannya yang mampu melindungi dan berperan dalam proses regenerasi sel kulit.

Cara Membuat Masker Kopi untuk Wajah dan Kulit Tubuh

Agar bisa mengoptimalkan manfaat masker kopi untuk wajah, maka anda juga perlu mengetahui cara membuat masker kopi tanpa campuran maupun dengan bahan herbal lainnya.

Khasiat masker kopi terutama dari kandungan kafein maupun mineralnya yang sangat baik untuk kulit. Karena itu dalam membuat masker kopi harus menggunakan kopi segar jenis Robusta yang tinggi kandungan kafeinnya.

Hindari menggunakan kopi instan ataupun ampas kopi yang kurang berkhasiat. Lakukan masker setidaknya sekali seminggu. Kemudian anda bisa rasakan khasiat dari manfaat masker kopi untuk wajah dan kulit tubuh.

Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi untuk wajah berminyak dan kering.

Masker Kopi dan Minyak VCO

Siapkan secangkir minyak kelapa murni (virgin coconut oil/VCO) atau minyak zaitun dan secangkir bubuk kopi giling kasar. Setelah itu campurkan keduanya hingga rata.

Setelah itu oleskan secara merata pada wajah dan kulit tubuh dengan tangan ataupun kuas masker. Diamkan beberapa menit agar meresap. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Masker Kopi, Garam, dan Minyak Kelapa

Apakah manfaat masker kopi untuk wajah saja? Tentunya tidak. Masker kopi juga baik untuk perawatan kulit tubuh. Setelah mengoleskan ke bagian wajah, baiknya oleskan juga ke beberapa bagian kulit tubuh.

Masker kopi juga bisa dicampur dengan garam dan minyak kelapa. Caranya, siapkan secangkir garam laut, 1/4 cangkir minyak kelapa asli, dan 2 sendok makan kopi bubuk. Lalu campurkan dalam wadah sambil diaduk-aduk.

Gunakan masker kopi itu dengan mengoleskan pada seluruh tubuh secara merata sambil memijat ringan. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Masker Kopi dan Yogurt

Siapkan sesendok yogurt plain dan 2 sendok bubuk kopi giling lalu campurkan keduanya dalam mangkok. Kemudian oleskan masker kopisecara merata pada wajah dan sekitar leher.

Saat mengoleskan masker sebaiknya sambil dipijit ringan. Setelah itu diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat hingga bersih.

Itulah berbagai manfaat masker kopi untuk wajah dan juga cara melakukan perawatan agar optimal untuk kecantikan dan kesehatan kulit dan wajah. (R8/HR-Online)

Loading...