Fakta Menarik Manfaat Terong Untuk Pria, Benarkah Bikin Loyo?

manfaat terong untuk pria
Ilustrasi Terong. Foto: Istimewa

Benarkah dibalik manfaat terong untuk pria ada fakta bahwa sayuran ini malah menyebabkan impotensi dan membuat pria loyo? Manfaat terong yang dimitoskan berbahaya bagi pria hingga saat ini masih diyakini oleh sebagian masyarakat.

Terong atau terung adalah jenis sayuran yang sangat populer bagi masyarakat di tanah air. Sayuran ini seringkali diolah menjadi sayur lodeh atau balado yang nikmat. Apalagi dengan bumbu agak pedas.

Terong (Solanum melongena) diketahui berasal dari India dan Sri Lanka yang berkerabat dengan leunca dan kentang. Ada banyak jenis yang populer seperti terong ungu, terong Jepang, terong Belanda, dan Lainnya.

Kandungan Nutrisi Terong

Dibalik bentuknya yang lonjong atau bulat, ada sejumlah fakta menarik tentang sayuran ini, tidak terkecuali fakta mengenai manfaat terong untuk pria. Perlu diketahui bahwa kandungan nutrisi pada terong ternyata tidak bisa disepelekan.

Dalam 100 gram buah terong terkandungan 26 kalori, protein 1,1 gram, karbohidrat 6,3 gram, dan rendah lemak yaitu hanya 0,1 gram.  

Terong juga kaya mineral seperti kalsium 36,1 mg, zat besi (0,5 mg), kalium (217 mg), dan fosfor sebanyak 32,9 mg.

Kandungan vitaminnya juga variatif, dari vitamin A sebesar 7 RE, vitamin C 1,6 mg, vitamin B1 (0,09 mg) dan B2 (0,02 mg), serta niacin sebesar 0,6 mg.

Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Sayuran dengan daging buah yang tebal ini juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Dibalik manfaat terong untuk pria, tak sedikit pula khasiatnya dalam menjaga kesehatan.

Sebuah hasil riset laboratorium ternyata menemukan adanya enzim aktif dalam terong bernama nasunin yang ampuh dalam menetralisir dan mendetoksifikasi radikal bebas dan zat kimia yang masuk ke dalam tubuh.

Peneltiian lain juga membuktikan manfaat enzim nasunin yang bersifat antosianin. Ini berguna dalam mengatasi kolesterol jahat dan mencegah penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung.

Terong juga diketahui kaya dengan serat larut yang bisa membuat perut kenyang lebih lama yang baik untuk menu diet. Sayuran ini juga mengandung asam krologenat, fitokimia yang bersifat anti obesitas.

Manfaat terong untuk pria yang tak kalah menarik karena sayuran ini juga ampuh dalam memperbaiki mood. Penelitian menemukan kandungan asam klorogenat dalam terong mampu merangsang otak dalam menghasilkan serotonin yang dapat meningkatkan gairah.

Terong juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini karena karbohidrat yang rendah dalam terong maupun karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga tidak akan menyebabkan indeks glikemik darah naik.

Bahkan terong terpilih sebagai makanan pilihan untuk penderita diabetes tipe 2 yang disarankan Perkumpulan Diabetes Amerika. Kandungan alpha-glocosidase dan antioksidan dalam terong efektif menekan hiperglikemia (kondisi glukosa darah yang berlebihan).

Manfaat Terong untuk Pria Apakah Bisa Meningkatkan Gairah atau Loyo?

Dengan paparan di atas terbukti bahwa mengkonsumsi terong dapat menyebabkan pria mengalami impotensi atau loyo hanyalah mitos belaka. Sebaliknya, makan terong justru mampu meningkatkan gairah pria.

Seperti telah disebutkan di atas, manfaat terong untuk pria ini karena adanya kandungan asam klorogenat yang memicu otak memproduksi serotonin yang diketahui dapat memperbaiki mood dan gairah.

Selain itu terong juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan hormon testerogen pria dan kesuburan pria. Kandungan mineral dan antioksidan sayuran ini berguna dalam memperbaiki problem pria tersebut.

Jika pria kekurangan hormon testerogen maka bisa mengganggu aliran darah yang bisa memicu impotensi. Dengan mengkonsumsi sayuran ini secara rutin berkhasiat dalam meningkatkan hormon pria ini.

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa manfaat terong untuk pria justru untuk meningkatkan stamina atau bukan malah membuat loyo.

Mengkonsumsi sayuran terong secara rutin dan berkala juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, memperlancar aliran darah, dan juga mencegah maupun mengatasi beragam gangguan nyeri pada pinggang.

Namun mengkonsumsi sayuran terong sebaiknya jangan berlebihan karena dampaknya yang buruk untuk kesehatan. Sebab, apapun yang berlebihan tentunya tidak baik. Hal itupun agar manfaat terong untuk pria tidak berbalik menjadi bencana. (R8/HR-Online)