Fakta Mengejutkan Masker Spirulina untuk Wajah yang Wajib Anda Tahu

masker spirulina untuk wajah
Ilustrasi masker spirulina. Foto: Istimewa

Belakangan banyak orang membicarakan tentang masker spirulina untuk wajah dan perawatan kecantikan. Popularitas nama masker spirulina tak lepas dari manfaatnya yang katanya sangat menakjubkan.

Namun tahukah anda apa itu spirulina dan amankah digunakan?

Spiruluna (Artrospira) merupakan ganggang biru-hujau yang hidup di lautan atau maupun perairan danau di berbagai kawasan beriklim subtropis. Spirulina merupakan salah satu spesies dari cyanobacteria yang bentuknya mirip spiral.

Tanaman ganggang ini juga dikenal sebagai mahluk hidup bersel satu yang masuk keluarga mikroalga yang mampu melakukan fotosintesis. Tanaman ini mirip chlorella atau ganggang hijau yang sebelumnya telah populer sebagai makanan tambahan yang menyehatkan.

Ada banyak jenis spirulina, namun yang aman dan banyak dimanfaatkan adalah jenis Artrospiraplantensis dan Artrospira maxima. Bahkan spesiaes plantensis dikenal kaya nutrisi yang telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Spirulina dikenal sebagai sumber nutrisi terbaik yang murni berasal dari alam. Tanaman ini saat ini makin banyak dimanfaatkan untuk suplemen, bahan campuran makanan dan maupun sebagai masker spirulina untuk wajah.

Besarnya manfaatnya dan tingginya kebutuhan terhadap ganggang ini mendorong dilakukannya budidaya.

Sejumlah negara telah membudidayakan ganggang hujau-biru ini secara intensif. Cina, India, Pakistan, Thailand, Myanmar, maupun Amerika Serikat yang telah melakukannya.

Kandungan Nutrisi Spirulina

Warna biru-hijau pada spirulina adalah pigmen yang dinamakan phycocyanin. Pigmen inilah yang sangat berkhasiat untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Spirulina diketahui mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk manusia. Ganggang ini diantaranya banyak mengandung zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak baik.

Spirulina pun mengandung berbagai jenis mineral penting, seperti potasium, fosfor, sodium, mangan, kalsium, magnesium, seng dan zat besi. Mineral ini sangat berkhasiat untuk kesehatan maupun sebagai masker spirulina untuk wajah.

Spirulina juga kaya dengan kandungan serat dan  berbagai jenis asam amino seperti lisin, leusin, sistin, valin, alanin, isoleusin, tirosin, prolin, arginin, dan serin.

Sebagai tanaman laut, spirulina juga diketahui kaya vitamin. Seperti vitamin A, vitamin B kompleks, C, D, E, dan vitamin K. Spirulinajuga mengandung kolin dan lutein yang berguna untuk tubuh.

Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Selain banyak dimanfaatkan sebagai suplemen, tanaman spirulina juga populer digunakan sebagai masker perawatan wajah. Bahkan manfaat masker spirulina untuk wajah ternyata sangat ampuh.

Dalam 1 gram spirulina nilai nutrisinya setara dengan 1 kg sayuran dan buah segar loh. Bayangkan jika anda mencampurkan 1 gram saja ganggang ini dalam masker wajah tentu sangat berkhasiat.

Berikut ini beragam manfaat masker spirulina khususnya untuk perawatan wajah dan tubuh yang sebaiknya anda tahu.

Jika anda memiliki mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata gunakan saja masker spirulina untuk wajah. Masker ini akan mendetoksifikasi dan membuang racun pada kulit dan menyamarkan lingkaran hitam di mata.

Masker spirulina yang kaya dengan kandungan mineralnya sangat ampuh dalam mengembalikan kelembapan kulit. Jika kulit wajah dan tubuh anda terasa kering dan bersisik gunakan saja masker alami ini.

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam spirulina berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mengatasi kulit kusam dan kering. Masker ini berkhasiat untuk menghilangkan kerutan, keriput, dan noda hitam di wajah.

Masker spirulina untuk wajah ini efektif dalam meningkatkan elastisitas dan mengencangkan kulit. Masker ini baik dalam menghambat penuaan dini dan membuat wajah halus dan lembut.

Mengggunakan masker spirulina secara rutin juga bermanfaat dalam regenerasi sel kulit dan mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Wajah pun akan terlihat lebih cerah dan lebih bercahaya.

Spirulina juga dikenal antibakteri. Penggunaan masker spirulina selain akan meregenerasi sel kulit sekaligus mengobati jerawat yang membandel. Namun agar makin ampuh tambahkan madu dalam masker ini.

Itulah beragam manfaat masker spirulina untuk wajah yang cukup efektif dan bisa anda praktekkan langsung untuk membuktikan hasilnya. (R8/HR-Online)