Fakta Tentang Air Putih dan Air Mineral yang Wajib Anda Tahu

fakta tentang air putih
Ilustrasi Air Putih. Foto: Istimewa

Fakta tentang air putih rupanya cukup menarik untuk dikupas. Air putih memang setiap hari kita minum, namun banyak fakta yang belum diketahui banyak orang. Air putih tidak hanya sekedar berfungsi sebagai pelepas dahaga, namun juga sangat menentukan kesehatan tubuh.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Hampir semua bagian organ tubuh manusia terdapat unsur airnya, termasuk bagian otak. Karena itulah minum air putih akan melancarkan kerja organ tubuh.

Ada banyak fungsi air bagi tubuh. Diantaranya air berperan sebagai pelarut ataupun pelumas agar tubuh mudah bergerak. Air juga berfungsi mengatur suhu tubuh dan menyokong ketersediaan mineral dan elektrolit tubuh.

Yuk Mengenal Mitos dan Fakta Tentang Air Putih

Bukan hanya untuk menjaga tubuh agar sehat dan bugar, minum air putih juga sangat dibutuhkan tubuh. Berikut ini beragam mitos dan fakta tentang air putih yang sebaiknya anda kenali kebenarannya.

Wajib Minum 8 Gelas Air Sehari?

Tak sedikit saran ahli gizi untuk minum 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Jumlah ini setara dengan 2 liter air yang sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya.

Namun kebutuhan minum air tergantung banyak faktor, seperti aktivitas yang dilakukan, usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh, ataupun suhu lingkungannya. Karena itu 8 gelas sehari adalah patokan umum yang perlu disesuaikan.

Tubuh Tidak Butuh Banyak Minum Air Saat Musim Dingin

Tubuh mungkin membutuhkan minum banyak air putih terutama saat musim panas. Penguapan air tubuh dalam bentuk keringat harus diimbangi dengan minum air putih yang banyak.

Sebaliknya, ada anggapan umum bahwa saat musim dingin atau saat hujan tubuh tidak membutuhkan minum air. Benarkah fakta tentang air putih yang demikian?

Meskipun saat musim dingin tubuh tidak mengeluarkan banyak keringat, namun tubuh ternyata juga kehilangan banyak cairan karena udara yang kering selama musim dingin. Sehingga tubuh tetap membutuhkan air yang cukup.

Minum Air Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi air putih memang tidak secara langsung berhubungan dengan diet. Untuk diet yang dibutuhkan adalah minuman yang kaya kalori. Meski begitu minum air sebelum makan membantu anda lebih cepat kenyang.

Fakta Tentang Air Putih Dan Air Mineral

Tak sedikit orang yang lebih senang membeli air mineral ketimbang membawa air minum dari rumah. Selain praktis, kebanyakan kita menganggap sama antara air putih dengan air mineral.

Berikut ini berbagai fakta tentang air putih dan air mineral yang sebaiknya juga perlu anda tahu.

Apakah Sama Air Putih dengan Air Mineral?

Air putih adalah air yang dari alam atau keran di rumah yang perlu dimasak terlebih dahulu sebelum diminum.Sedangkan air mineral diproduksi pabrik dengan kandunganmineral alami atau buatan.

Air putih tidaklah sama dengan air mineral. Seperti minuman kemasan, air mineral memiliki batas kedaluwarsa. Mineral dalam air mineral antara lain zinc, kalsium, zat besi, magnesium, atau yang lain.

Kandungan dan Sumber Air Mineral

Fakta tentang air putih lainnya adalah air mineral umumnya diambil dari sumber mata air yang kaya mineral alami. Air putih juga bisa menjadi air mineral dengan menambahkan sejumlah mineral.

Dari segi kandungannya, air mineral memang lebih baik ketimbang air putih. Namun air mineral yang tidak dimasak berpotensi mengandung zat atau bakteri berbahaya.

Air Mineral Kemasan Bisa Merusak Gigi

Ada anggapan di masyarakat bahwa air mineral kemasan bisa menyebabkan kerusakan gigi karena tidak mengandung fluoride. Anggapan ini lebih bersifat mitos karena belum ada bukti tentang hal itu.

Rasa Air Mineral Seperti Air Kelapa

Tak jarang saat minum air mineral rasanya seperti air kelapa. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya buang saja karena ada kontaminasi akibat botolnya yang tidak higienis atau terpapar panas matahari.

Itulah berbagai fakta tentang air putih maupun tentang air mineral yang sebaiknya anda tahu untuk menjaga kesehatan anda. (R8/HR-Online)