Inilah 8 Fitur Canggih iOS 13 untuk Pengguna iPhone

Fitur Canggih iOS 13
Ilustrasi iPhone. Foto: Istimewa

Mengenal fitur canggih iOS 13 adalah langkah awal yang dapat dipelajari penggemar Apple sebelum membeli iPhone 11. Fitur dengan sistem operasi teranyar dari Apple ini juga akan tersedia dari iPhone 6S.

Kali pertama diperkenalkan di WWDC pada Juni 2019, iOS 13 menawarkan berbagai pembaharuan yang meningkatkan pengalaman pengguna. Craig Federighi selaku wakil presiden senior Apple berani mengatakan daftar fitur iOS 13 lebih baik dibandingkan pendahulunya.

8 Fitur iPhone Canggih iOS 13

Performa Semakin Meningkat

Jika pembaharuan pada iOS 13 lebih baik, maka performa pada iPhone jelas ikut meningkat. Apple pun menjanjikan fitur canggih iOS 13 seperti Face ID yang mampu membuka kunci 30% lebih cepat.

Selain itu, sebagian besar aplikasi yang dijalankan dengan iOS 13 akan terbuka lebih cepat. Dengan kata lain, pengguna tak akan membuang waktu mereka buat menunggu.

Penerapan dark mode

Apple tak mau kalah dengan kompetitornya seperti Google dan Microsoft yang telah menerapkan dark mode dalam produk-produknya. Mereka pun memasang fitur OS iOS 13 pada produk teranyar mereka, termasuk iPhone 11.

Sebagian besar aplikasi besutan Apple nantinya akan mendukung dark mode, termasuk notification dock yang bakal menyesuaikan warna dengan mode tersebut.

Keyboard Swipe Teranyar

Setelah bertahun-tahun menawarkan dukungan dari pihak ketiga untuk keyboard, Apple akhirnya memberikan fitur canggih iOS 13 berupa pembaruan pada keyboard bawaan mereka.

Fitur teranyar yang akan dirasakan pengguna adalah opsi swipe atau geser menyerupai SwiftKey, Gboard, atau Swype. Meski agak ketinggalan, Apple dengan percaya diri mengenalkannya sebagai Quick Path.

Reminder Terbaru

Setelah sekian lama tertunda, Apple akhirnya menyediakan pembaruan pada Reminder sebagai salah satu fitur canggih iOS 13 baru. Sejumlah fungsi anyar yang ditambahkan mencakup Today, Flagged, Scheduled, dan All untuk meyortir tugas.

Tampilan pada Reminder juga mendapatkan sentuhan baru hingga terintegrasi dengan AI. Tak hanya itu, pengguna bisa menandai kontak untuk diingatkan saat membuka utas pada Message.

Update pad Mail, Safari, dan Notes

Apple sepertinya sengaja melakukan perubahan besar-besaran pada fitur canggih iOS 13. Misalnya saja pada Apple Mail yang dapat diatur ke format desktop. Safari, peramban bawaan Apple, pun bisa memperoleh preferensi per situs web.

Kemudian pada Notes, pengguna dapat mengakses tampilan galeri teranyar untuk melihat semua catatan yang pernah mereka buat.

Mode Baru di Apple Maps

Fitur canggih di iOS 13 ini mendapatkan pembangunan ulang dari awal. Hal ini dimaksudkan supaya Apple Maps bisa memuat informasi lebih komprehensif. Selain itu, mode baru yang dipasang pada aplikasi ini pun sekilas mirip dengan Google Street View.

Sayangnya, Apple Maps versi teranyar ini baru akan tersedia di kota-kota terpilih dan digulirkan di Amerika Serikat pada akhir 2019, lalu secara global pada 2020.

Privasi Lebih Ketat

Siapa pun tahu bahwa privasi menjadi fitur canggih iOS 13 yang bisa diandalkan. Pada versi terbaru iOS, pengguna dapat memilih untuk berbagi data lokasi ke aplikasi sekali saja untuk mencegah risiko ping lokasi saat perangkat digunakan.

Selain itu, ada fitur Sign in with Apple bagi pengembang untuk mengakses aplikasi dan layanan. Tak hanya itu, ada update fitur iOS 13 yang memungkinkan pembuatan surel otomatis per aplikasi.

Imessage Sampai Tool Edit Foto

Ketika membuka iMessage, pengguna akan mendapatkan tampilan nama display dam gambar profil yang menyerupai WhatsApp. Fitur iOS 13 lainnya juga memudahkan pengguna membagikan nama maupun foto dengan pengguna iMessage lainnya.

Fitur lainnya yang dapat digunakan pengguna adalah memasang Memoji sebagai gambar profil beserta kustomisasi sebagai salah satu fitur teranyar iOS.

Pembaruan lain yang diberikan Apple dalam iOS 13 adalah ketersediaan penyimpanan eksternal. Dengan kata lain, pengguna bisa mengambil file dari kartu SD dan USB flash drive untuk diimpor ke aplikasi Files.

Bagaimana, tertarik untuk menjajal fitur canggih iOS 13 pada iPhone terbaru? (R10/HR-Online)