Gaya Hidup Hijau yang Bikin Sehat dan Bahagia, Begini Cara Memulainya

Gaya Hidup Hijau
Ilustrasi gaya hidup hijau. Foto: Istimewa

Gaya hidup hijau menjadi tren bagi kalangan masyarakat urban dan millenials yang masih peduli terhadap lingkungan. Gaya hidup ini sering diidentikan dengan gaya hidup yang selaras dengan alam. Gaya hidup semacam ini diminati karena juga mengacu pada gaya hidup sehat.

Sebenarnya, apa yang bisa Anda lakukan untuk memulai gaya hidup ini? Berikut ini penjelasannya untuk Anda. 

Apa Itu Gaya Hidup Hijau 

Sesuai dengan namanya, gaya hidup hijau sangat identik dengan gaya hidup yang selaras dengan alam. Seseorang yang menerapkan gaya hidup ini akan berusaha untuk hidup dengan baik yang sebisa mungkin tidak merusak alam. 

Mereka akan menjalani hari dengan mempertimbangkan apakah aktivitas tersebut berguna bagi dirinya dan alam atau justru merusak tubuh dan alam. Hidup mereka akan lebih sehat, bahagia, dan penuh manfaat.

Manfaat Gaya Hidup Hijau 

Sebenarnya, manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan saat mulai menerapkan gaya hidup yang berbasis alam ini? Manfaatnya sangat beragam dan akan menjadi manfaat jangka panjang. 

Dengan menerapkan gaya hidup hijau artinya Anda berkomitmen untuk meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat dan merusak menjadi gaya hidup yang sehat dan memelihara. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih sehat. Pola makan dan aktivitas Anda akan jauh lebih terarah dan bermakna dengan gaya hidup ini. 

Gaya hidup ini menekankan pada konsep kesederhanaan. Anda diminta untuk membeli sesuai kebutuhan. Anda dapat memikirkan mana yang Anda butuhkan dan tidak. Anda akan lebih selektif dalam membeli sehingga tanpa saja kebiasaan ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat. 

Jika saat ini Anda merasa tidak tenang, ada baiknya mencoba menerapkan gaya hidup berorientasi alam ini. Pasalnya, gaya hidup ini akan membawa pada ketenangan. Anda tidak lagi merusak alam dan justru membantu alam dan lingkungan sekitar. Lambat laun Anda akan jauh lebih tenang dan terhindar dari stres. 

Cara Menerapkan  

Banyak dari Anda yang mungkin ingin menerapkan gaya hidup hijau tetapi belum tahu caranya. Sebenarnya, gaya hidup ini sangat mudah untuk diterapkan. Anda hanya butuh niat dan konsistensi tinggi untuk melakukannya terus-menerus.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seseorang yang menerapkan gaya hidup dengan pendekatan alam ini. 

Himbauan untuk mengurangi penggunaan plastik sudah digaungkan sejak dulu. Nah, mengurangi penggunaan plastik adalah salah satu ciri seseorang yang menerapkan konsep gaya hidup berbasis alami ini. 

Mulai dari yang mudah dan sederhana seperti membawa tempat minum sendiri atau tas sendiri saat belanja, mendaur ulang sampah plastik, atau membuang sampah plastik pada tempatnya sehingga mudah dikelompokkan saat dibawa ke tempat pengolahan sampah

Menanam dan Mengkonsumsi Produk Sehat atau Organik 

Gaya hidup ini juga mencakup cara Anda memperlakukan alam dan diri Anda. Misalnya, untuk menerapkan gaya hidup hijau, mulailah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat bisa didapatkan dari bahan organik atau penanaman yang tidak menggunakan pestisida. Makan lebih banyak buah dan sayur ketimbang makanan instan atau makanan lain yang tidak sehat. 

Menghemat Listrik 

Gaya hidup hijau juga terkait dengan cara Anda memanfaatkan energi dari alam termasuk listrik. Saat menerapkan gaya hidup ini Anda harus mulai menghemat listrik. Lakukan cara yang mudah dan sederhana seperti mematikan lampu di pagi dan siang hari. Nyalakan lampu seperlunya. 

Matikan atau cabut kabel listrik jika sudah tidak digunakan. Tidak menggunakan ponsel saat melakukan pengisian daya baterai agar baterai cepat terisi penuh pun termasuk penerapan gaya hidup yang disebut hijau ini.  

Sebagai seseorang yang menerapkan gaya hidup semacam ini, Anda harus ikut melestarikan lingkungan. Salah satu caranya dengan mengurangi polusi. Cara yang sederhana adalah tidak membakar daun kering dan sampah untuk mengurangi polusi udara. Ketimbang membakarnya, gunakan sampah tersebut untuk pupuk kompos.  

Jika dipelajari lagi, ternyata menerapkan gaya hidup hijau tidak terlalu sulit, bukan? Ada banyak cara dan aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk memulai gaya hidup ini. Dengan menerapkan gaya hidup ini, hidup akan menjadi lebih positif yang dampaknya terasa tidak hanya untuk Anda tetapi untuk lingkungan sekitar serta alam. (R10/HR-Online)