Google Ungkap Malware Serang iPhone Melalui Web

Google ungkap Malware Serang iPhone
Ilustrasi Malware Serang iPhone. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Malware serang iPhone diungkap sebuah penelitian dari keamanan Google Project Zero mengungkapkan adanya sejumlah situs berbahaya khusus perangkat iPhone. Pasalnya, situs tersebut secara sembunyi-sembunyi menularkan malware yang membahayakan perangkat.

Dilansir dari Tech Spot, Senin (2/9/2019), penyusupan malware tersebut menurut Google terjadi tidak secara langsung, namun peretas terlebih dahulu membajak sebuah website tertentu.

Saat mereka sudah berhasil meretas website tersebut, lalu virus tersebut dipasang. Kemudian ketika perangkat besutan Apple tersebut mengunjungi web tersebut, maka secara otomatis web tersebut melakukan peretasan data terhadap iPhone.

Google mengungkapkan, jika pola peretasan tersebut sudah berlangsung sekitar 2 tahun. Parahnya, hampir setiap minggunya dikunjungi oleh ribuan pengguna iPhone. Artinya, dengan kasus ini banyak iPhone yang terjangkit malware.

Dari kasus tersebut, Google menemukan sebanyak 12 bug pada iPhone, dengan rincian 7 di antaranya menyangkut web Safari yang merupakan bawaan dari perangkat ini, dan 5 lainnya adalah berpotensi bagi hacker untuk mengakses root ke handset yang memungkinkan peretras mengambil data pribadi pengguna.

Di antara data pribadi pengguna yang rentan itu, seperti hacker akan mampu mengakses foto pribadi, iMessage, lokasi GPS real time pengguna. Lebih parah lagi, malware tersebut juga digunakan untuk mengumpulkan informasi kata sandi dan data dari aplikasi yang digunakan. Bahkan, mereka berpotensi meretas enkripsi end-to-end yang ada pada aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram.

Bug iPhone ini, jelas Google, berlaku bagi pemilik yang menggunakan system operasi iOS 10 sampai versi yang paling baru, iOS 12. Kendati pola Malware serang iPhone tersebut sudah diketahui Google, namun pihaknya tidak mengumumkan siapa dalang dibalik serangan tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...