Hanya 5 Menit, Api Hanguskan Rumah di Cipaku Ciamis

kebakaran di Cieurih
Kebakaran hanguskan rumah milik Daryo, warga Dusun Kertaharja, Desa Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Minggu (8/9/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Ditinggal pergi ke kebun, rumah milik Daryo warga RT 01/09, Dusun Kertaharja, Desa Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat rata dengan tanah lantaran ludes dilalap si jago merah hanya dalam waktu 5 menit. Kebakaran di Cieurih tersebut terjadi pada Minggu (9/9/2019).

Penyebab kebakaran di Cieurih tersebut belum diketahui secara pasti, namun diduga api berasal dari tungku api yang lupa dimatikan.

Sukardi, Kepala Dusun Kertaharja, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

“Pertama ketahuan oleh cucunya, melihat rumah kakeknya terbakar Fahrul, cucu Pak Daryo langsung berteriak minta tolong, sehingga warga kompak berdatangan untuk memadamkan api,” ujar Sukardi yang ditemui HR Online di lokasi kejadian.

Namun, lantaran air untuk memadamkan api sulit didapat, dalam waktu 5 menit saja, api berhasil meluluhlantakan rumah Daryo hingga rata dengan tanah.

“Rumah milik Pak Daryo beserta isinya semuanya Ludes, tidak hanya rumah Pak Daryo, namun api juga sempat menjalar ke rumah disebelahnya,” terangnya.

Akibatnya, lanjut Sukardi, separuh rumah Abas juga terbakar. “Beruntung api cepat dipadamkan, sehingga rumah Abas hanya sebagian yang terbakar dan tidak sampai meluas ke rumah lainnya,” katanya.

Sukardi menambahkan, kerugian belum dihitung secara pasti. Namun, diperkirakan lebih dari Rp 40 juta.

“Rumah beserta isinya milik Pak Daryo habis, sementara Pak Abas, walau hanya sebagian tapi tetap perlu perbaikan,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)