Hormati Pendahulu, Perangkat Desa Kawali Ciamis Rutin Ziarah Makam Leluhur

Perangkat Desa Kawali Rutin Ziarah Makam Leluhur
Sejumlah perangkat Desa Kawali, Ciamis saat melakukan ziarah makam leluhur. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (haraparakyat.com),- Untuk menghormati jasa para pendahulu yang ada di Desa Kawali, Pemerintah desa  beserta para perangkat Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, rutin ziarah makam keramat atau leluhur setiap Bulan Muharam/ Tahun Baru Islam.

Kepala Desa Kawali, Ismail Marzuki, ketika ditemui Koran HR, Selasa (10/09/2019), menuturkan, terhitung tanggal 1 sampai 10 Muharam, Pemerintah Desa beserta para perangkat rutin melaksanakan ziarah ke makam para leluhur. Tujuan dan maksud berziarah makam tersebut tidak lain sebagai bentuk rasa hormat dan menghormati jasa para pendahulu, termasuk para peminpin yang ada di Kawali.

“Kita harus selalu mengingat dan mengenang jasa mereka. Artinya mereka yang telah lebih dulu mengabdi untuk kemakmuran masyarakat Kawali. Dan itu tidak boleh dilupakan. Ini tradisi yang harus dilestarikan dan dipahami, bahwa sebelum kita ada pemimpin-pemimpin yang harus kita kenang kebaikannya, kita tiru dan kita lanjutkan,” katanya.

Perangkat Desa Kawali, Agus, menjelaskan, lokasi ziarah makam yang dikunjungi diantaranya makam Pangeran Bangsit, makam Eyang Demang Sacapada, makam Rd. Mas Bagus dan makam-makam keramat yang berada di Situs Astana Gede.

Menurut Agus, ziarah ke makam-makam keramat para leluhur bukan hanya sekedar ritual. Sebab, semua makam yang diziarahi merupakan para tokoh penyebar agama islam di Kawali.

“Sangat diharapkan kedepannya (lokasi ini) bisa menjadi wisata religi,” katanya.

Agus menjelaskan, kegiatan ziarah kubur tersebut dimulai berkunjung ke makam Pangeran Bangsit yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Maspalembang. Kemudian dilanjutkan ke makam-makam lainnya. Dan terkahir di makam-makam yang berlokasi di Situs Astana Gede. (Dji/Koran HR)

Loading...