HP Xiaomi Redmi 8A Dikabarkan Meluncur 25 September 2019 di India

HP Xiaomi Redmi 8A
Bocoran gambar HP Xiaomi Redmi 8A yang bersumber dari TENNA. Foto : TENNA

HP Xiaomi Redmi 8A dikabarkan akan diluncurkan pertama kali di India pada 25 Septemebr 2019. Kabar peluncuran smartphone terbaru besutan vendor China ini dari keterangan Xiaomi India.

Mengutip dari Tempo, dalam tulisan Xiaomi India yang dirilis Jumat (20/9/2019) mengungkapkan bahwa ponsel pintar ini akan dibekali dengan baterai jumbo serta dilengkapi dengan fitur charger yang sangat cepat.

HP Xiaomi Redmi 8A adalah suksesi atau penerus dari Redmi 7A yang dirilis pada Juni 2019 lalu.

Sebagai bahan perbandingan, Redmi 7A memiliki layar dengan luas 5,45 inci beresolusi 720 x 1440 piksel. Sedangkan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh.

Bagian dapur pacu mengandalkan chipset Snapdragon 439 dengan grafis Adreno 505. Selain itu dibantu RAM 2 GB dan 3 GB dengan penyimpanan internal 16 GB serta 32 GB.

Sektor kamera di belakang terpasang single camera, dengan lensa beresolusi 13 MP bukaan f/2.2. Dan kamera depan resolusinya 5 MP bukaan f/2.2.

Lantas bagaimana dengan spek dari HP Xiaomi 8A ini? Penasaran isi jeroan serta perangkat lunak yang ada di smartphone ini? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Spek HP Xiaomi Redmi 8A

Meski pihak Xiaomi tidak memberikan detail spesifikasi seri Redmi 8A ini, namun jika melihat bocoran yang bersumber dari situs Badan Sertifikasi Telekomunikasi China (TENNA), diketahui bahwa smartphone tersebut memiliki dimensi dengan ukuran 156,3mm × 75,4mm × 9,4mm, serta beratnya 190 gram.

Seperti diberitakan HR Online sebelumnya, untuk layar HR Xiaomi Redmi 8A ini hadir dengan ukuran 6,21 inci HD +, atau resolusinya 1520 x 720 piksel dan berpanel LCD TFT.

Selain itu, jika berdasarkan gambar teaser atau bocoran, terkuak kamera depan dengan sensor 8 MP. Sedangkan kamera belakang memiliki lensa 12 MP, namun tidak disebutkan sensor sekundernya.

Bagian bodi belakang juga terpasang LED flash yang tersusun secara vertikal bersamaan dengan kamera, dan terdapat sensor pemindai sidik jari yang berada di bawahnya.

Sementara di bawah kamera belakang LED flash dan sensor fingerprint (sidik jari) pada HP Xiaomi Redmi 8A, terdapat tulisan “DESIGNED BY XIAOMI”. Tulisan tersebut sejajar dengan kamera.

Sedangkan untuk otaknya, smartphone ini bakal dipasang chipset SoC dengan prosesor octa-core 2GHz, dibantu tiga opsi RAM antara lain 2 GB, 3 GB dan 4 GB.

Sementara penyimpanan internal juga memiliki 3 opsi masing-masing 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Ada juga slot kartu microSD untuk ekspansi hingga 512 GB. 

Sistem operasi yang dipakai oleh perangkat HP Redmi 8 yang juga penerus Redmi 7 ini, akan diluncurkan dengan OS Android 9 Pie.

Daftar di TENAA itu juga menyebutkan bahwa HP Xiamo Redmi 8A ini memiliki jack headphone, bersama dengan baterai berkapasitas besar yakni 5.000 mAh. (Adi/R5/HR-Online)