Inilah Makhluk Setelah Manusia Punah yang Akan Mewarisi Bumi

Makhluk Setelah Manusia Punah
Hewan ini diprediksi masih bertahan hidup setelah manusia punah. Foto: Istimewa

Makhluk setelah manusia punah diprediksi akan mewarisi bumi. Mahluk itu lantas apa saja? Pada akhir dunia manusia mengalami kepunahan, ternyata ada beberapa makhluk hidup yang justru bisa bertahan hidup.

Tentunya hal ini membuat banyak orang dan ilmuwan sains merasa penasaran terhadap makhluk setelah manusia punah yang akan mewarisi bumi nantinya. Ternyata ada lima jenis hewan yang masuk dalam daftar tersebut.

Selama ini manusia selalu disibukkan dengan gambaran mengenai akhir dunia. Mulai dari teori Y2k, kisah-kisah yang dituturkan agama, hingga kalender Maya yang sudah berakhir tahun 2012.

Terlepas dari semua itu, sejumlah bencana alam, perang hingga asteroid yang mengancam juga bisa berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia di bumi. Bila hal tersebut terjadi, manusia dan juga kebanyakan makhluk hidup yang ada di bumi akan mengalami kepunahan.

Akan tetapi itu bukan berarti semua kehidupan yang ada di bumi berakhir. Karena diprediksi ada 5 makhluk hidup mulai dari ikan sampai serangga yang kemungkinan besar bisa bertahan. Sehingga dapat mewarisi bumi setelah manusia binasa.

5 Jenis Makhluk Setelah Manusia Punah di Bumi

Lantas apa saja makhluk setelah manusia punah yang akan bertahan di bumi? Agar anda tidak semakin bertanya-tanya dan penasaran. Berikut ini lima hewan yang bisa bertahan saat manusia di bumi punah.

Ternyata beberapa hewan ini bisa bertahan hidup di bumi meski kehidupan bumi bisa memusnahkan manusia. Hal ini dikarenakan beberapa hewan ini mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup dalam kondisi yang ekstrim.

1. Tardigrada

Hewan pertama yang diprediksi sebagai makhluk setelah manusia punah masih tetap bertahan adalah Tardigrada. Hewan ini dikenal pula sebagai beruang air. Tardigrada dijuluki sebagai binatang yang paling tidak dapat dihancurkan di bumi. Pernyataan ini disampaikan oleh national geographic.

Hewan mikroskopis ini kemungkinan besar bisa terhindar dari kepunahan yang akan terjadi 6 miliar tahun kedepan. Saat matahari meledak dan berubah menjadi raksasa merah.

Hewan yang bernama tardigrada ini akan aman dari serangan asteroid. Sebab bisa hidup pada ventilasi vulkanik yang ada di dasar lautan. Di samping itu, mereka juga bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum sampai 30 tahun.

Itu sebabnya tardigrada disebut-sebut sebagai salah satu makhluk setelah manusia punah yang tetap bertahan hidup.

Keistimewaan lain dari hewan ini adalah tidak terpengaruh suhu ekstrem dan juga paparan radiasi. Bahkan tardigrada juga diketahui bisa hidup di luar angkasa.

2. Kalajengking

Hewan seperti kalajengking mudah sekali untuk beradaptasi. Mereka bisa bertahan hidup di hutan, gurun bahkan gunung. Sebuah eksperimen dilakukan oleh para peneliti. Mereka melakukan uji coba dengan cara membekukan kalajengking semalam.

Hasilnya setelah mencair mereka dapat berjalan dengan baik di keesokan paginya seperti biasanya. Kalajengking juga bisa memperlambat laju metabolisme mereka pada titik di mana bisa bertahan hidup hanya dengan makan satu serangga selama 1 tahun.

Oleh sebab itu, kalajengking diprediksi termasuk ke dalam daftar makhluk setelah manusia punah yang masih bertahan hidup dan tinggal di bumi ini.

3. Mummichog

Killifish atau mud minnows adalah nama lain dari Mummichog. Ini adalah jenis ikan yang berevolusi dengan cepat. Jadi bisa bertahan hidup di air yang kondisinya sangat beracun.

Penemuan para peneliti menyebutkan bahwa ikan ini cukup beradaptasi untuk bertahan di sungai dengan 8000 kali lebih beracun dari sungai pada umumnya. Disamping itu ikan ini juga bisa bertahan dari polusi nuklir.

4. Semut

Semut dinilai lebih siap dalam menghadapi akhir dunia bila dibandingkan dengan manusia. Itulah pembuktian dari para ilmuwan.

Pembuktian para ilmuan bahwa semut salah satu mahluk setelah manusia punah yang masih bisa bertahan tampaknya didukung oleh sejumlah fakta.

Diantaranya hewan ini memiliki kelebihan yaitu dapat mengetahui ketika di antara kawanan mereka ada yang terinfeksi virus atau patogen. Ini bisa diketahui lebih cepat dibandingkan dengan manusia tahu kondisi sesama mereka.

Oleh sebab itu, sebelum infeksi tersebut menyebar, maka semut akan membunuh kawanan yang terinfeksi. Semut ternyata juga dapat hidup di hampir semua iklim.

Bahkan di gurun Sahara sekalipun. Ada juga semut akuatik yang bisa hidup di air. Dengan alasan itulah semut masuk dalam daftar makhluk setelah manusia punah yang bisa bertahan di bumi.

5. Kecoa

Serangga klasik ini kebal terhadap akhir dunia. Dilaporkan bahwa kecoa terlihat berkeliaran disebut peruntuhan pasca jatuhnya bom atom yang ada di Hiroshima dan Nagasaki.

Bahkan penelitian terbaru menunjukkan kecoa Jerman semakin tidak terkalahkan. Mereka dapat mengembangkan resistensi terhadap berbagai insektisida. Sehingga saat ini tidak bisa dibunuh dengan satu insektisida saja.

Disamping itu kecoa juga bisa makan apapun, bahkan makanan busuk sekalipun. Sebab mereka punya kekebalan tubuh yang kuat. Dengan demikian tak heran jika kecoa menjadi makhluk setelah manusia punah yang masih bertahan di bumi ini. (R9/HR-Online)