iPhone 11 Resmi Meluncur, Cek Spesifikasi dan Harganya di Sini

iPhone 11 Resmi Meluncur
iPhone 11. Foto : net/ist

iPhone 11 resmi diperkenalkan dan meluncur pada Selasa (10/9/2019) di kantor pusatnya di California, Amerika Serikat. Peluncuran ponsel besutan Apple ini bukan hanya satu, namun 3 sekaligus.

Ketiga ponsel tersebut diantaranya iPhone seri 11, seri 11 Pro serta HP besutan Apple dengan spek paling tinggi dari varian seri 11 yakni 11 Pro Max.

Yang ditawarkan oleh Apple model paling baru ini adalah dari sisi performa, dengan chipset yang terbilang unggul kecepatannya, daya baterai yang bisa bertahan dengan lama serta kamera yang lebih baik ketimbang seri sebelumnya.

Mengutip dari GSM Arena via Tempo, di negara asalnya sendiri, Amerika Serikat, iPhone 11 bakal dibanderol seharga 699 dollar AS, atau kurang lebih Rp 9,8 jutaan.

Sedangkan untuk seri 11 Pro dipatok US$ 999 (Rp14 jutaan), dan seri tertinggi 11 Pro Max dijual dengan harga 1099 dollar AS atau kisaran Rp 15,5 jutaan.

Sementara untuk pre-ordernya sendiri akan tersedia mulai besok, Jumat (13/9/2019). Dan iPhone 11 akan tersedia pada 20 September di gelombang pertama lebih dari 30 negara termasuk AS.

Meski harganya ramah di kantong ketimbang seri sebelumnya, akan tetapi, ponsel besutan Apple ini dibekali dengan fitur serta teknologi terbaru.

Penasaran seperti apa spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari iPhone 11 ? Berikut ini ulasannya.

Spesifikasi iPhone 11

iPhone 11 adalah penerus dari seri XR yang dirilis tahun lalu. Sehingga tidak salah jika HP ini mempunyai banyak kemiripan dengan penerusnya itu.

Akan tetapi, untuk seri 11 ini lebih baik karena adanya beberapa yang diperbaiki. Meski tidak menampik ada sejumlah kekurangan atau penurunan spek.

Kelebihan dari seri 11 ini adalah di sektor dapur pacu yang dipersenjatai chipset paling baru dari Apple yakni A13 Bionic (7nm). Apple tidak memakai chip yang sering dipakai Samsung, Exynos 9825, atau smartphone lainnya dengan Snapdragon 855.

Sedangkan untuk RAM berkapasitas 4 GB, dengan dibantu internal memori 64 GB, 128 GB serta 256 GB. Sayangnya, tidak ada slot microSD sehingga itu bisa menjadi kekurangannya.

Kekurangan lainnya yaitu pada segi layarnya dengan luas diagonal 6,1 inci dengan tipe Liquid Retina IPS LCD, dengan resolusi 828 x 1792 piksel, atau tidak bebeda dengan seri XR.

Seharusnya dengan menawarkan harga segitu, resolusinya bisa mencapai 1440 x 3120 piksel, dengan layarnya berpanel AMOLED.

Selain itu, ponsel Apple ini memiliki sertifikasi IP68, yang artinya anti air dan debu. iPhone 11 ini sanggup bertahan sampai setengah jam di kedalaman 2 meter. Sedangkan seri XR cuma memiliki ketahanan dalam waktu yang sama pada 1 meter.

Sementara di bagian baterai tidak terlalu besar hanya 3100 mAh. Namun ternyata bisa bertahan lebih lama satu jam ketimbang XR. Bukan hanya itu, fitur yang dimilikinya yakni Fast battery charging 18W dan Qi wireless charging, bisa membuat daya cepat penuh.

Kamera

iPhone 11 dipasang dual kamera belakang, yang masing-masing 12 MP (f/1.8) sebagai wide dan 12 MP (f/2.4) sebagai ultrawide.

Fitur yang dimiliki antara lain Quad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama). Dan kameranya ini mampu melakukan 2x optical zoom out, setara 13mm.

Untuk stabilisasi video-nya sudah diperbaiki dan sekarang disebut Cinematic. Apple mengatakan, ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas terbaik yang pernah ada, dibandingkan dengan smartphone mana pun. 

Rekaman video cepat dengan menahan tombol rana saat dalam mode foto. Zoom Audio cocok dengan framing audio ke video. Ponsel besutan Apple ini bisa memotret pada 4K @ 60fps, dan dengan rentang dinamis yang diperluas pada 4K @ 50fps. 

Sedangkan di bagian depan dipasang lensa kamera dengan resolusi 12 MP dengan bukaan f/2.2, serta ditambah kamera TOF 3D.

Untuk spesifikasi lainnya, OS berbasis iOS 13, memiliki audio spasial dan Dolby Atmos, sektor keamanan menggunakan Face ID.

Untuk warna yang tersedia dari iPhone 11 ini antara lain hitam, kuning, hijau, putih, ungu dan merah. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...