Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisJaga Pasokan Listrik di Ciamis, PLN Pangkas Ranting Pohon Dekat Jaringan...

Jaga Pasokan Listrik di Ciamis, PLN Pangkas Ranting Pohon Dekat Jaringan Kabel

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pemangkasan ranting pohon yang berdekatan dengan jaringan kabel listrik PLN rutin dilakukan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Ciamis. Tujuannya untuk menjaga pasokan listrik di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Eman Suherman, Manager ULP PLN Ciamis, mengatakan, setiap harinya, sebanyak 7 tim Right on Way (ROW) diterjunkan ke berbagai daerah untuk memangkas pohon yang mengganggu jaringan kabel listrik.

“Setiap hari 7 tim ini menelusuri jaringan listrik di seluruh Kabupaten Ciamis. Sehingga ketika ada ranting pohon tinggi dan berpotensi mengganggu jaringan langsung dipangkas oleh tim ini. Tapi kami sebelumnya, tetap berkoordinasi dulu dengan pihak-pihak terkait,” ujar Eman kepada HR Online, Selasa (3/9/2019).

Eman menerangkan, pohon dipangkas lantaran berpotensi mengganggu jaringan listrik PLN. Diantaranya, Eman menyebut, keberadaan ranting pohon bisa jadi pemicu lompatan tegangan.

Akibat lompatan tegangan ini, kata Eman, bisa menyebabkan listrik padam. Selain itu  juga bisa menimbulkan kebakrana sehingga membahayakan warga di sekitarnya.  

“Ranting pohon atau pohon yang ukurannya tinggi dan mendekati jaringan itu sangat berbahaya. Apalagi kalau datang angin besar dan sampai menyentuh jaringan itu, maka sangat bahaya bagi lokasi tersebut,” kata Eman.

Pemangkasan ranting pohon tersebut, diakui Eman, sudah dilakukan sejak lama dan secara terus menerus. Keberadaan tim ROW ULP PLN Ciamis sendiri merupakan salah satu usaha untuk memeliharan jaringan, sehingga pasokan listrik kepada masyarakat tidak terganggu.

“Kami juga berharap kepada warga untuk berpartisipasi, diantaranya bisa dengan melaporkan jika ada pohon ada pohon atau ranting yang berpotensi menyentuh jaringan listrik. Segera melapor saja kepada kami, agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” pungkasnya. (Fahmi2/R7/HR-Online)

- Advertisment -