Jalan Penghubung Cidolog-Jelegong Ciamis Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

Jalan Penghubung Cidolog-Jelegong Ciamis Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan
Kondisi jalan penghubung antara Desa Cidolog dengan Desa Jelegong, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini rusak parah. Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kondisi jalan penghubung antara Desa Cidolog dengan Desa Jelegong, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini rusak parah.

Kondisi jalan tersebut berlubang hampir di setiap badan jalan dengan kedalam yang cukup dalam. Kerusakan yang paling parah banyak terdapat di bagian jalan tanjakan.

Salah seorang warga Cidolog, Ade, mengatakan, rusaknya jalan penghubung Cidolog-Jelegong sudah berlangsung lama, yakni sekitar 3 tahunan.

“Terparah jalan yang rusak ada di Desa Cidolog sepanjang kurang lebih 5 kilometer, sudah tahunan kerusakanya,” ujarnya, Rabu (18/09/2019).

Kerusakan jalan penghubung Cidolog-Jelegong sangat parah. Bahkan, di sebagian ruas jalan hampir sudah tidak terlihat lagi aspalnya, hanya tinggal bebatuan yang tampak dari dalam jalan berlubang.

“Kondisi jalan seperti ini sangat membahayakan pengendara. Beruntung sekarang masih musim kemarau, kalau musim hujan pasti licin,” kata Ade.

Warga pun berharap pemerintah daerah bisa segera memperbaikinya dan ditingkatkan dengan menggunakan aspal hotmix. Pasalnya, dari Cimaragas hingga Desa Cidolog, jalannya sudah dihotmix. Sekarang tinggal dari Cidolog ke Jelegong yang harus ditingkatkan.

“Kami sangat berharap jalan ini bisa segera diperbaiki, kami juga sama warga Ciamis yang punya hak sama,” ungkap Ade.

Dihubungi terpisah, Plt. Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis, H. Agus Komara, membenarkan, bahwa ruas jalan Cidolog-Jelegong belum diperbaiki.

“Tahun ini belum dianggarkan untuk diperbaiki, mudah-mudahan pada anggaran perubahan 2019 bisa kita perbaiki,” jelas Agus.

Pihaknya pun mengakui, hingga saat jumlah jalan rusak di wilayah Kabupaten Ciamis masih banyak. Karena keterbatasan anggaran, maka perbaikan atau peningkatan jalan dilaksanakan secara bertahap. (Jujang/R3/HR-Online)