Jenis Olahraga Ringan untuk Anda yang Suka Duduk Lama

Jenis Olahraga Ringan
Ilustrasi olahraga ringan. Foto: Istimewa

Jenis olahraga ringan untuk mengendurkan otot saat lelah bekerja sebenarnya banyak ragamnya. Jenis olahraga yang gerakannya sangat sederhana ini dibutuhkan untuk Anda yang memiliki jenis pekerjaan yang keseringan duduk atau malah sampai duduk seharian.

Masalahnya, duduk terlalu lama akan mengganggu kesehatan. Salah satu risiko yang harus dihadapi adalah penyakit jantung. Untuk menghindari risiko tersebut, Anda tetap bisa melakukan berbagai jenis olahraga ringan tanpa meninggalkan pekerjaan Anda.

Jenis Olahraga Ringan Untuk Jaga Kesehatan  

Jalan Kaki

Karena Anda sudah terlalu lama duduk di kantor, maka jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan kaki. Olahraga ini bisa dilakukan dimanapun. Bahkan saat Anda berada di kantor. Contohnya, ketimbang menggunakan lift atau eskalator, ada baiknya memilih tangga. 

Tujuannya tentu saja agar Anda tetap bergerak serta melatih otot-otot tubuh setelah seharian duduk di depan meja kerja. Memilih untuk berjalan kaki menuju tempat kerja juga menjadi pilihan yang baik sebelum duduk berjam-jam di kantor. 

Rupanya, jenis olahraga ringan seperti jalan kaki ini setara dengan melakukan olahraga kardio. Anda pun bisa membakar kalori dalam tubuh. Jika melakukannya secara rutin, maka vitalitas tubuh akan tetap terjaga. Anda menjadi tidak mudah lelah saat beraktivitas. 

Meregangkan Tangan dan Kaki

Mungkin Anda belum bisa meninggalkan tempat duduk karena harus menyelesaikan beberapa hal. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan olahraga. Salah satu jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan adalah meregangkan tangan dan kaki. 

Walaupun sangat sederhana dan ringan, tapi dampaknya sangat baik bagi tubuh Anda. Dengan meregangkan tangan dan kaki, peredaran darah Anda menjadi lancar. Selain itu, tubuh Anda menjadi lebih lentur dan tidak kaku serta terhindar dari pegal-pegal. 

Caranya, rentangkan tangan Anda ke atas, kemudian arahkan ke samping kiri dan kanan. Rasakan otot Anda bergerak dan tertarik saat melakukan gerakan tersebut. Anda juga bisa melakukan jenis olahraga ringan ini untuk kaki Anda. Lakukan setidaknya selama 10 detik dengan mengulang gerakan tersebut selama beberapa kali.   

Push Up 

Walaupun Anda sedang bekerja, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan jenis olahraga ringan yang satu ini. Tentu saja, Anda tidak perlu terlentang di lantai hanya untuk melakukan push up. Cukup berdiri dan geser kursi Anda sehingga Anda bisa memiringkan tubuh dan meluruskan tangan ke meja.

Kemudian, lakukan gerakan push up sama seperti saat Anda melakukannya di lantai. Pastikan meja kerja bisa menahan tubuh Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Lakukan olahraga ringan ini saat jam istirahat. 

Dengan melakukan jenis olahraga ringan seperti ini, maka tangan atau otot bicep Anda lebih terlatih dan tidak mudah lelah. Lakukan push up beberapa kali, misalnya 10 atau 20 kali dalam 1 set. 

Tricep Dip

Jenis olahraga ringan ini juga masih menggunakan meja sebagai penyangga. Sama halnya dengan push up. Singkirkan terlebih dahulu kursi kerja Anda. Kemudian, lakukan posisi seperti push up, namun dengan posisi terbalik. 

Bagian punggung menghadap meja dan gunakan tangan sebagai tumpuan. Tekuk perlahan tangan Anda hingga punggung turun mendekati meja kerja. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar tidak terjadi cidera. Olahraga ringan ini bisa melatih otot tricep Anda. Lakukan setidaknya 10 atau 20 kali untuk setiap set. 

Jongkok atau Squat 

Jenis olahraga ringan lain yang bisa dilakukan sambil bekerja adalah jongkok atau squat. Anda cukup berdiri dari tempat duduk. Kemudian, tekuk lutut Anda seperti akan jongkok. Lakukan perlahan kemudian luruskan lagi lutut Anda untuk kembali ke posisi berdiri sempurna. 

Lakukan beberapa kali setidaknya 10 hingga 20 kali dalam 1 set. Olahraga ini sangat baik dilakukan agar tubuh Anda tidak kaku dan mencegah pegal-pegal karena terlalu lama duduk. Dengan berdiri dan bergerak atau jongkok akan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. 

Nah, itu tadi beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di sela-sela duduk mengerjakan tugas di manapun Anda berada. Jenis olahraga ringan tersebut tidak memakan waktu banyak dan tanpa menggunakan alat apapun. Yang paling penting, jenis olahraga ringan tersebut membuat Anda lebih bugar dan terhindar dari risiko penyakit serius seperti penyakit jantung akibat terlalu lama duduk. (R10/HR-Online)