Kades di Ciamis Dilarang Lunasi Tunggakan PBB-P2 Warga

Percepatan Pelunasan PBB
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis HM Soekiman. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pemerintah Kabupaten Ciamis, saat ini tengah melakukan upaya percepatan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) sebelum jatuh tempo tanggal 30 September 2019.

Pemda melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis, mendorong setiap Desa melalui kolektor PBB masing-masing, agar memberikan pemahaman kepada masyarakat wajib pajak untuk segera melunasi tunggakannya.

Hanya saja, menurut Kepala BPKD Ciamis HM Soekiman, Kepala Desa jangan berani-berani melunasi PBB milik masyarakat. Selain akan membebani Kades, cara tersebut juga tidak mendidik masyarakat.

Kata dia, akan lebih baik apabila Kepala Desa berinovasi dengan berbagai cara. Misalnya membagikan celengan PBB kepada warga masyarakat. Nantinya diisi oleh masyarakat wajib pajak, selama satu tahun.

Untuk mengisi celengan itu, bisa digalakkan program tanam pisang untuk PBB, tanam singkong untuk PBB, tanam sayuran untuk bayar PBB dan masih banyak lagi.

“Hasil penjualan pisang, singkong atau sayuran itu ditabungkan ke celengan PBB, sehingga nanti ketika keluar SPPT bisa langsung dilunasi lewat tabungan celengan itu,” ujarnya.

Kata dia, hingga saat ini, penerimaan PBB sampai bulan Agustus 2019 baru tercapai 75,5 persen atau Rp 16,8 miliar dari target Rp 22,3 miliar.

“Mudah-mudahan sampai batas waktu yang ditetapkan, bisa tercapai 100 persen,” katanya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat wajib pajak, agar segera melunasi tunggakan PBB-P2 nya sebelum jatuh tempo tanggal 30 September. Karena apabila sudah jatuh tempo, akan dikenakan denda 2 persen setiap bulannya.

Pelunas PBB-P2 Tercepat di Ciamis Akan Diberi Hadiah Motor

Sementara itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), ke depan Pemda Ciamis akan memberikan hadiah sepeda motor bagi wajib pajak yang paling cepat melunasi PBB-P2.

“Tahun depan kita akan coba berikan hadiah bagi yang lunas PBB tercepat, namun untuk jumlah hadiah, kriteria dan persyaratan pemenangnya masih dalam pembahasan di BKPD,” ungkap HM Soekiman.

Kata dia, pemberian reward ini merupakan terobosan baru Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BKPD) Ciamis dalam percepatan pelunasan PBB di Ciamis.

“Terobosan tersebut dilakukan karena PBB ini merupakan penyumbang pendapatan terbesar bagi pembangunan di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Berita Terkait: Pembayaran PBB-P2 Telat Hambat Pemkab Ciamis Raih WTP

Selama ini, kata dia, Pemkab Ciamis selalu menyediakan hadiah berupa sepeda motor, alat kantor dan lainnya bagi Kecamatan dan Desa yang paling cepat melunasi PBB. Hadiah tersebut biasanya diberikan saat hari jadi Kabupaten Ciamis yakni 12 Juni.

“Saat ini, kami juga berpikir untuk memberikan hadiah kepada wajib pajak, tentu ini upaya yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB,” ucapnya.

Lanjut Soekiman, nantinya hadiah motor tersebut akan dipajang di depan kantor BKPD atau di lokasi strategis. Supaya warga Ciamis dapat melihat hadiah itu dan terpacu untuk sesegera mungkin membayar PBB.

“Meski setiap tahun tercapai 100 persen, namun lebih cepat lebih baik untuk pembangunan Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Jujang/R7/HR-Online)