Kamera Mirrorless X-A7 Fujifilm, Cocok Untuk yang Ingin Belajar Fotografi

Kamera Mirrorless X-A7 dari Fujifilm
Kamera Mirrorless X-A7 dari Fujifilm. Foto : net/ist

Kamera mirrorless X-A7 bisa menjadi sarana pembelajaran bagi Anda yang ingin menjadi fotografer profesional. Sebab, kamera dari Fujifilm ini memang diperuntukan untuk mereka yang masih belajar.

Sebenarnya mirrorless dengan DSLR pada dasarnya adalah sama. Hanya letak perbedaan adalah mirrorless ini tidak memakai cermin/pentaprisma.

X-A7 sendiri memang sengaja dibuat untuk pemula, dalam artian dari sisi tata letak serta desainnya tidak begitu ribet. Seperti tidak banyak kontrol dan memperbanyak fokusnya di layar sentuh.

Kamera mirrorless X-A7 besutan perusahaan Jepang ini masuk dalam kelas entry-level, dengan harganya mencapai 700 dollar Amerika Serikat, atau kurang lebih Rp 9,9 jutaan.

Meski terbilang ramah di kantong, namun produk kamera terbaru X-A7 dari Fujifilm ini speknya tidak mengecewakan.

Penasaran seperti apa “jeroan” dari Kamera mirrorless X-A7 besutan Fujifilm? Mengutip dari GSM Arena, berikut ini ulasan spesifikasinya.

Spek Kamera Mirrorless X-A7

Kamera Mirrorless X-A7 dari Fujifilm. Foto : net/ist

Inti dari sebuah kamera adalah besaran resolusinya. Untuk tipe kamera mirrorless X-A7 ini mempunyai sensor 24.2MP. Fujifilm mengklaim bahwa untuk AF deteksi fase, seri ini lebih baik 8,5x dari X-A5.

Sementara untuk LCD berukuran 3,5 inci dengan aspek rasio 16:9. Kelebihan dari kamera mirrorless adalah touch screen (layar sentuh) bisa diputar ke depan, sehingga bisa dipakai selfie atau vlog.

Kamera terbaru besutan Fujifilm ini juga menawarkan fitur video dengan teknologi terkini. X-A7 sudah mendukung 4K untuk merekam video yang frame rate-nya 30 FPS.

Jika melihat dari seri X-A5 tentu ada peningkatan dua kali lipat, yang frame rate-nya hanya 15 FPS.

Sedangkan untuk merekam video dengan frame rate 60 FPS untuk video 1080p. Akan tetapi, ada batasannya yakni 4K selama 15 menit dan 1080p sampai setengah jam.

Untuk ISO, kamera mirrorless X-47 ini mempunyai sensivitasnya ISO 200 sampai 12.800 ekuivalen. Sementara ISO 100 sampai 51.200 yang diperluas.

Diklaim Fujifilm, bahwa kamera mirrorless X-47 mampu melakukan jepretan sampai 440 kali dalam 1 kali daya. Selain itu, kecepatan tangkap burst sampai 6 frame/detik.

Sementara fitur untuk pemula, sudah ditambahkan Mode Terang. Yang dihasilkan dari fitur ini, yakni hasil jepretannya bisa lebih hidup serta cerah, dengan tidak merubah pengaturan.

Kamera mirrorless X-47 juga tersedia juga Mode Light Trails, sehingga yang ingin belajar fotografer tidak perlu ribet untuk mengatur pengaturan. Jadi tampilannya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemakai.

Untuk mentransfer hasil jepretan agar mudah bisa dilakukan via konektivitas Bluetooth LE. Sedangkan dalam pengisian daya baterai atau jika ingin terhubung ke komputer, sudah tersedia USB tipe C.

Kelengkapan lainnya dari kamera mirrorless X-47 adalah dibekali lensa kit FUJINON XC15-45mm F3.5-5.6 OIS PZ. Sedangkan untuk warnanya ada empat pilihan, masing-masing silver, mint green, dark sliver serta camel. (Adi/R5/HR-Online)