Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisKarang Taruna P4DK Cisaga Ciamis Dilatih E-Leadership

Karang Taruna P4DK Cisaga Ciamis Dilatih E-Leadership

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota Karang Taruna P4DK (Persatuan Pemuda Pelajar dan Pegawai Desa Kepel), Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, mendapatkan pelatihan E-Leadership dari sejumlah akademisi Universitas Galuh (Unigal).

Pelatihan E-Leadership ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian atau Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) tahun 2019 yang dilaksanakan sejumlah akademisi Unigal.

Imam Maulana Yusuf, S.Ip.,M.Si, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unigal, ketika ditemui HR Online, Kamis (26/09/2019), mengatakan, pelatihan E-Leadership ini ditujukan untuk membangun jiwa kepempinan (Leadership) anggota Karang Taruna P4DK.

Selain itu, kata Imam, pelatihan E-Leadership ini juga ditujukan untuk meningkatan pemahaman mengenai pemanfaatan gadget agar dapat lebih bijaksana, terutama dalam menanggapi dan mengikuti arus perkembangan informasi yang bermanfaat.

Imam menjelaskan, PKMS pelatihan E-Leadership bagi Karang Taruna P4DK tersebut dilaksanakan melalui sejumlah pertemuan. Rangkaian pelaksanaannya dimulai dari Bulan Juni sampai Bulan Agustus 2019.

“PKMS ini dikemas dalam bentuk pelatihan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan pola pikir anggota Karang Taruna P4KD. Dengan begitu, mereka bisa lebih meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri (live skill),” katanya.

Diakui Imam, dari hasil penelusuran pihaknya, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat, memberikan peluang bagi organisasi seperti Karang Tgaruna P4DK untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Imam Maulana Yusuf saat memberikan materi kepada anggota Karta P4DK Cisaga Ciamis. Foto : Dok. Imam Maulana Yusuf/ HR

Kemampuan TIK & Leadership

Menurut Imam, diperlukan kemampuan dalam mengembangkan TIK agar dapat menjalankan berbagai fungsi organisasi dengan efektif dan efisien, termasuk dalam mengembangkan karakter kepemimpinan (leadership).

Organisasi modern memiliki peran besar dalam memanfaatkan TIK sebagai transformasi sosial. Dalam melaksanakan nilai-nilainya, maka Karang Taruna P4DK harus mampu mengupayakan optimalisasi TIK.

“Upaya tersebut bukan hanya persoalan fisik saja, tetapi soal sikap hidup dan pola pikir semua anggota dalam organisasi,” katanya.

Imam menambahkan, Karang Taruna P4DK diharapkan mampu memberikan contoh yang baik serta kontribusi terhadap pembangunan desa di segala bidang. Termasuk pembangunan di bidang ekonomi untuk kesejahteraan warga dan masyarakat sekitar.

Untuk itu, lanjut Imam, potensi Karang Taruna P4DK harus dioptimalkan agar mampu bekerjasama dengan pemerintah dan komponen masyarakat. Supaya, sasaran pembangunan di Desa Kepel dapat tercapai dengan maksimal. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -