Karang Taruna se-Kecamatan Langensari Kota Banjar Sepakat Dirikan Bank Sampah

Karang Taruna se-Kecamatan Langensari Kota Banjar Dirikan Bank Sampah
Karang Taruna se-Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, sepakat membuat program jangka panjang bertema peduli lingkungan melalui program Bank Sampah. Photo : Sugeng Pangestu/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Karang Taruna se-Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, sepakat membuat program jangka panjang bertema peduli lingkungan melalui program Bank Sampah.

Hal itu terungkap saat rapat koordinasi antara ketua Karang Taruna se-Kecamatan Langensari, Kota Banjar, pada Kamis (19/09/2019), dalam rangka menyambut HUT Karang Taruna ke-59 tahun 2019.

Dalam rapat tersebut, semua Ketua Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Kecamatan Langensari sepakat untuk terus merayakan HUT Karang Taruna bukan dengan acara yang bersifat seremonial, tapi dengan membuat program jangka panjang yang bertema peduli lingkungan, sekaligus bisa menghasilkan uang, yaitu melalui program Bank Sampah.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Langensari, H. Sodik, mengatakan, koordinasi antar ketua di tingkat desa/kelurahan penting dilakukan agar dapat saling sharing pengetahuan mengenai kekurangan, dan kelebihan program kerja di masing-masing Karang Taruna.

Dia juga mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang pesertanya hanya ketua dari masing-masing Karang Taruna Desa dan Kelurahan. Namun, dalam rapat koordinasi kali ini membahas kegiatan untuk mengisi HUT Karang Taruna ke-59.

Menurut Sodik, komunikasi merupakan kunci utama, sehingga harus senantiasa dijaga. Ia juga mengibaratkan sebuah rumah, meskipun mewah, tapi jika tak memiliki kuncinya maka rumah tersebut tidak punya banyak makna.

“Dengan berkumpul seperti ini, kita bisa saling sharing pengetahuan tentang kekurangan dan kelebihan program kerja di setiap karang taruna tingkat desa/kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Langensari, supaya dapat saling mengisi juga melengkapi,” kata Sodik.

Rapat tersebut menghasilkan sebuah kesepakatan untuk membuat program kerja bertema peduli lingkungan yang dimulai dengan dibuatnya program Bank Sampah. Karena, melalui Bank Sampah selain lingkungan menjadi bersih, juga bisa menghasilkan uang.

Rapat koordinasi tersebut ditutup dengan aksi mengumpulkan botol bekas minuman air mineral sebagai tanda dimulainnya Program Bank Sampah. (Sugeng/R3/HR-Online)