Kawasaki Ninja 400 Luncurkan Pembaruan dengan Jumlah Terbatas

Kawasaki Ninja 400
Penampakan Kawasaki Ninja 400

Kawasaki Ninja 400 telah resmi meluncurkan motor keren ini di India pada tahun 2018 lalu. Kawasaki tampaknya ingin meningkatkan penjualan motor ini. Perusahaan yang berasal dari Jepang itu akhrinya memperkenalkan dua skema warna baru, yakni warna metallic lime green/ebony (Edisi KRT) dan spark black/lime green.

Informasi itu seperti dilansir dari Motorbeam, pada 14 September 2019 lalu. Skema warna baru dari Kawasaki Ninja 400 ini kemunculannya dalam jumlah terbatas. Sebab masing-masing skema warna hanya ada 10 unit saja.

Setelah resmi dalam membuka pemesanan, kali ini pengiriman skema warna bisa mulai berlangsung pada akhir bulan ini. Tampilan Ninja 400 dengan warna metallic spark black – lime green ini menerapkan warna dasar hitam yang ditambah grafik hijau cerah.

Sementara untuk lime green-ebony hadir dengan Edisi KRT. Sedangkan yang menggunakan warna hijau dilengkapi grafis Kawasaki Racing Team (KRT) yang semakin mendominasi visual. Skema warna dari motor ini juga mendapat highlight merah pada bagian bawah.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 400 Varian Baru

Di samping warnanya yang mengalami perubahan, sebenarnya Kawasaki memang tidak menawarkan perubahan apapun dalam sektor lain motor ini.

Ninja 400 ini masih hadir dengan jarak sumbu roda 1.370 mm, ground clearance 140 mm dan tinggi kursi rendahnya 785 mm.

Sedangkan pada bagian sistem pengeremannya masih menggunakan kelopak tunggal yaitu 310 mm pada bagian depan. Sementara di bagian belakang sebesar 220 mm. Memiliki dimensi tinggi 1.120 mm, panjang 2.020 mm dan lebar 710 mm.

Bila dilihat dari tampilan dapur pacunya, Kawasaki Ninja 400 ini masih saja mengandalkan mesin 399 cc paralel kembar. Mesin ini bisa menghasilkan 48 daya pada 10 ribu rpm. Torsi maksimal yang dihadirkan sebesar 38 Nm pada 8000 rpm. Bekal yang ada dipadukan dengan transmisi 6 percepatan.

Meski demikian, tampilan dari Ninja 400 ini nyatanya masih menuai kritik yang dilontarkan para pecinta otomotif. Sebab tangki bahan bakar dengan model tadi hanya bisa menampung muatan hingga 14 L. Sementaran adiknya, yaitu Ninja 300 punya kapasitas 17 L.

Kelebihan Ninja 400

Performa mesin dari Kawasaki Ninja 400 ini bisa dibilang sangat mengagumkan. Dibekali dengan mesin 2 silinder dengan kapasitas 399 cc motor ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 45 ps dan torsi 38 nm.

Selain itu motor ini juga telah memakai lampu depan dan juga tail light LED yang bisa memberikan penerangan dengan lebih baik. Desainnya juga lebih sporty dan agresif bila dibandingkan dengan ninja 300.

Motor Kawasaki Ninja 400 ini hadir dengan bobot yang ringan agar bisa mengoptimalkan kemampuan akselerasinya. Dilengkapi pula dengan soket 12v yang bisa mengisi daya baterai. Ukuran ban belakang motor ini dinilai lebih besar. Jadi akan lebih nyaman dan stabil ketika diajak berakselerasi.

Sementara itu, suspensi belakangnya juga bisa diatur tingkat kekerasannya. Dibekali juga dengan slipper clutch dan fitur assist dengan desain ergonomis yang membuatnya semakin nyaman bagi pengendara.

Bukan hanya itu saja motor ini juga dibekali teknologi ABS yang bisa berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pengereman. Meskipun masih menggunakan suspensi depan teleskopik, akan tetapi ukurannya cukup besar.

Kawasaki Ninja 400 diklaim pihak Kawasaki Motor sangat enak digunakan untuk aktivitas harian. Dipakai saat akhir pekan dan juga untuk balap.

Bahkan, pembalap Ana Carrasco Kawasaki Racing Team mengatakan sportbike ini sudah bisa mewakili kombinasi luar biasa antara performa dan handling yang sangat mengesankan.

Harga Terbaru Ninja 400

Bila dibandingkan dengan motor sport Yamaha atau Honda tentunya motor ini punya daya pikat tersendiri. Sebab kawasaki selalu identik dengan tampilan motor sport yang berkualitas dan sudah teruji ketangguhan bagian mesinnya.

Namun sayang harga motor sport Kawasaki sering dirasa lebih mahal bila dibandingkan dengan motor sport Yamaha. Bahkan sebagai pembanding harga yamaha R25 dan Ninja 250 selisih harganya cukup jauh.

Akan tetapi Ninja 400 ini punya performa mesin yang sangat bertenaga yang berpadu desain sporty jadi mirip moge bermesin besar. Ini patut dijadikan referensi bagi anda yang ingin memiliki motor yang tampilannya sporty dan keren.

Menawarkan perubahan warna yang diproduksi terbatas, Kawasaki Ninja 400 ini diberi label seharga Rs. 4,99 lakh atau sekitar Rp 98,1 juta. Perubahan warna yang hadir dengan jumlah terbatas ini bahkan hanya akan dijual untuk pasar India saja. (R9/HR-Online)