Kebakaran Lahan di Ciamis, Api Diduga Berasal dari Puntung Rokok

kebakaran lahan di Ciamis
Kebakaran lahan milik Yulipah (52) di Dusun Cisihung RT 01 RW 07 Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Minggu (1/9/2019) sore. Foto: Pusdalops PB BPBD Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Kebakaran lahan di Ciamis, Jawa Barat terjadi pada Minggu (1/9/2019) sekira pukul 13.00 WIB. Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Lahan yang terbakar tersebut merupakan tumpukan limbah sabut kelapa di Dusun Cisihung, RT 01 RW 07, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing milik Yulipah (52). Diduga pemicu kebakaran berasal dari puntung rokok yang dibuang ketumpukan limbah sabut kelapa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, kobaran api pertama kali diketahui warga sekitar yang melihat limbah serabut kelapa terbakar, yang diperkirakan berasal dari puntung rokok.

Awalnya warga secara gotong royong mencoba memadamkan. Namun setelah beberapa jam api membesar dan lahan yang terbakar semakin meluas, aparat desa setempat langsung menghubungi Damkar dan Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah, setelah api dipadamkan oleh 6 personil pemadam kebakaran menggunakan satu mobil damkar, dibantu 1 unit mobil taktis BPBD dan 4 personil, 1 unit tangki BPBD 2 personil, akhirnya api bisa dipadamkan pukul 18.10 WIB,” jelasnya.

Kata dia, terhadap rumah yang terancam terbakar, diberikan peringatan dan imbauan agar waspada dan berhati-hati, jika melihat kobaran api segera lapor pemadam kebakaran.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati, jangan sembarangan membakar di dekat lahan kering, apalagi membuang puntung rokok sembarangan, karena berpotensi memicu kebakaran, ditambah sekarang musim kemarau, banyak lahan kering yang gampang tersulut api,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)