Kebiasaan Gosok Gigi Ini Malah Buruk Untuk Kesehatan Gigi

Kebiasaan gosok gigi
Pasta gigi. Foto: Istimewa

Kebiasaan gosok gigi masyarakat kita umumnya mengikuti lagu yang sering diperdengarkan saat kita masih kecil. Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi, begitu lagu anak-anak yang sangat populer itu.

Kebiasaan menyikat gigi setelah bangun tidur ternyata tidak sepenuhnya tepat dan benar. Karena itulah lagu yang banyak dinyanyikan hingga saat ini sebagai cara yang benar mungkin perlu segera dibenahi.

Kesadaran masyarakat kita terhadap kesehatan gigi disinyalir masih relatif rendah. Begitu juga pemahaman tentang cara menjaga kesehatan gigi yang juga rendah dengan kebiasaan yang dilakukan yang tidak tepat.

Lantas kapankah waktu menggosok gigi yang benar? Apakah lagu itu harus diubah menjadi “bangun tidur kuterus makan…”?

Ternyata juga bukan begitu yang benar. Sebab kebiasaan masyarakat kita yang sering menyikat gigi setelah makan ternyata justru tidak baik untuk kesehatan. Sejumlah ahli dan penelitian menemukan hal yang menarik.

Kebiasaan gosok gigi pada pagi hari, menurut sejumlah ahli, sebaiknya dilakukan bukan sesudah  bangun tidur melainkan setelah makan atau sarapan pagi. Itupun dilakukan setidaknya 20 menit sesudah makan.

Kebiasaan menyikat gigi setelah bangun tidur atau sebelum sarapan akan menyebabkan makanan terasa pahit. Hal ini karena pasta gigi yang digunakan mengandung detergensintetis yang bernama sodium lauryl sulfate (SLS).

SLS umumnya dipakai dalam pasta gigi yang menyebabkan timbulnya efek busa saat menggosok gigi. Namun zat kimia ini justru menurunkan fungsi mineral gigi oleh fluor. Termasuk menyebabkan rasa makanan terasa berbeda.

Para dokter gigi bahkan menilai perlunya sosialisasi tentang sikat gigi yang benar. Sikat gigi yang benar dan baik itu dilakukan sesudah sarapan pagi dan sebelum tidurmalam hari.

Kebiasaan Gosok Gigi Sesudah Makan Ternyata Juga Salah

Selain itu kebiasaan gosok gigi masyarakat kita yang sering dilakukan segera setelah sarapan pagi atau makan ternyata juga tidak tepat. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kebiasaan ini adalah hal yang salah.

Menyikat gigi atau berkumur langsung sesudah makan harus dihindari.Sebuah hasil penelitian yang dikutip dailymail.co.uk menemukan bahwa kebiasaan semacam ini adalah hal yang salah.

Menyikat gigi segera setelah makan justru akan membuat zat kimia dalam pasta gigi justru akan mencegah enzim-enzimsaliva bekerja. Begitu juga obat kumur atau mouthwash sebaiknya tidak segera dilakukan setelah makan.

Begitu juga saat berkumur sebaiknya dilakukan sesudah rongga mulut cukup bersih. Hal ini berguna karena bisa menghalau bakteri yang tersisa setelah mengosok gigi.

Lantas bagaimana yang benar? Ternyata, kebiasaan gosok gigi sebaiknya dilakukan paling tidak 20 menit sesudah makan.Bahkan ada yang menyarankan hingga 1 jam. Apa alasannya?

Hal ini penting agar saliva atau air liur dapat berperan dengan melepaskan alfa amilase dan enzim lainnya untuk membantu proses pencernaan makanan. Enzim ini sangat penting agar sari nutrisi makanan terserap tubuh.

Saran Kebiasaan Gosok Gigi yang Benar

Setelah mengetahui mengetahui sejumlah kebiasaan gosok gigi yang keliru dan tidak tepat, lantas bagaimana yang seharusnya dilakukan?

Gaya hidup sehat yang paling ideal saat pagi hari setelah bangun tidur adalah minum air hangat lalu berolahraga ringan. Jika ingin menggosok gigi berilah jeda waktu dengan waktu sarapan.

Jangan lupa untuk sarapan dengan makanan yang sehat dan bernutrisi. Selain baik untuk kesehatan tubuh, asupan makanan juga perlu disesuakan dengan aktivitas yang anda jalankan.

Begitu juga sebelum tidur sebaiknya lakukan gosok gigi untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa bakteri. Kebiasaan gosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam cukup cukup ideal untuk menjaga kesehatan gigi. (R8/HR-Online)

Loading...