Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Tampak Lebih Tua

penyebab penuaan dini
Penyebab penuaan dini bisa ditengarai dari berbagai kebiasaan. Foto: Net/Ist

Penyebab penuaan dini bisa ditengarai dari berbagai kebiasaan. Jika Anda masih berusia 30 tahunan tetapi terlihat seperti usia 60, hati-hati, bisa jadi ada kebiasaan yang sering Anda lakukan yang memicu terjadinya penuaan dini, seperti flek hitam bahkan kerutan.

Memang sejumlah orang cukup beruntung lantaran memiliki genetic yang membuatnya selalu tampak lebih muda. Namun, gaya hidup, juga kebiasaan sehari-hari punya peran cukup penting dalam proses penuaan.

Berikut beberapa kebiasaan penyebab penuaan dini yang harus Anda hindari agar tak terlihat lebih tua:

Kebiasaan Minum dari Sedotan

Kebiasaan sederhana ini ternyata bisa menyebabkan penuaan dini lho. Pasalnya saat Anda mengerucutkan bibir ketika minum dari sedotan, hal ini memicu munculnya garis di sekitar mulut Anda. Lama kelamaan garis ini akan semakin dalam dan akan berubah menjadi kerutan.

Minum dari sedotan sebenarnya ada manfaatnya, yakni bisa menghindari kuning pada gigi akibat minuman yang kita minum, namun dampak lainnya ternyata bisa menimbulkan garis-garis pada mulut yang lama kelamaan jadi kerutan.

Kebiasaan Tidur Tengkurap

Jika Anda terbiasa tidur tengkurap, bisa jadi Anda beresiko mengalami penuaan dini. Apalagi jika tengkurap dengan wajah terhimpit dan menghadap bantal. Hal ini bisa jadi penyebab penuaan dini lantaran akan timbul garis permanen.

Apabila kebiasaan tidur tengkurap terus dilakukan hampir tiap malam, bertahun-tahun kemudian, kerutan pada wajah akibat tidur tengkurap bisa membekas secara permanen.

Anda bisa mencoba tidur telentang atau bahkan menyamping. Jika Anda terpaksa tidur tengkurap, Anda bisa mencoba menggunakan sarung bantal dari satin maupun sutra.

Kebiasaan Menatap Ponsel Terlalu Lama

Dilansir dari berbagai sumber, seorang dokter kulit bernama, Joel Sclessinger, mengungkap fenomena yang dikenal dengan “tech neck”, yakni fenomena yang berkaitan dengan kebiasaan menatap ponsel, tablet, maupun laptop yang terlalu lama.

Tech Neck tersebut terjadi ketika Anda terus melihat ke bawah untuk menatap ponsel, tablet maupun laptop. Jika dilakukan selama lebih dari tiga jam dalam sehari, akibatnya, akan hilang ketegasan pada leher, ketegangan fisik, serta kerutan dini di bagian depan leher.

Untuk mengatasi penyebab penuaan dini tersebut, Anda bisa memegang ponsel lebih tinggi ketika Anda melihatnya.

Anda bisa mencoba menahan kepala pada posisi netral, sehingga Anda tak perlu menunduk untuk melihat ponsel Anda. Selain itu, batasi waktu Anda bermain ponsel juga akan membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Merokok Sebabkan Penuaan Dini

Dalam sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Plastic and Reproductive Surgery, disebutkan, merokok menyebabkan timbulnya kerutan pada kelopak mata yang akan terlihat sangat jelas.

Selain itu, penelitian itu juga menyebutkan jika merokok menyebabkan penuaan dini, lantaran ditemukan adanya korelasi antara merokok dan penampilan yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Hindari Memendam Kemarahan dan Dendam

Sebagaiamana stress, ternyata dendam dan marah yang ditahan bisa berakibat buruk pada tubuh Anda. Bukan hanya bisa meningkatkan resiko timbulnya jantung coroner, perasaan depresi akibat menahan marah dan dendam juga berkaitan dengan penuaan pada tingkat sel.

Anda bisa melakukan hal-hal positif untuk melepaskan rasa marah dan dendam pada diri Anda, bisa dengan olahraga, meditasi, dan jangan lupa rutin berinteraksi sosial.

Malas Memakai Sunscreen

Sinar matahari langsung yang mengenai kulit bisa jadi penyebab kanker kulit, selain juga menimbulkan bintik-bintik pada area badan yang terpapar sinar matahari. Namun akibat lainnya juga dapat menyebabkan keriput lho.

Seperti dilansir dari laman The List, Dr. Alan J Park, seorang dermatologist terkemuka menyebutkan, jika 90 persen penyebab penuaan dini diakibatkan lantaran paparan matahari.

“Memakai sunscreen setiap hari bisa mencegah hal itu dan jadi cara terbaik yang akan membuat Anda tampak lebih muda,” katanya.

Kebiasaan Makan dan Minum Alkohol

Makanan memang mempengaruhi secara signifika terhadap penampilan. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, hal ini bisa mempengaruhi kulit Anda dari dalam dan berdampak pada kulit di bagian luar.

Hal ini lantaran molekul gula yang menempel pada kolagen di dalam kulit akan melewati proses glycation. Proses ini akhirnya bisa menghasilkan produk akhir glikosilasi yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

Jangan lupa, kebiasaan minum alkohol juga bisa jadi pemicu kulit jadi merah, timbul jerawat, dan perut kembung sehingga terlihat buncir.

Malas Cuci Muka Setelah Aktivitas Seharian

Malas mencuci muka sehabis beraktivitas di luar ruangan seharian bisa jadi penyebab penuaan dini. Apalagi jika Anda memilih untuk langsung tidur ketimbang cuci muka terlebih dahulu.

Gabungan make up, minyak, serta polusi dan kotoran lainnya bisa menyumbat pori-pori wajah. Akibatnya bisa timbul jerawat, sedangkan pada malam hari adalah saatnya peremajaan kulit. Jika masih terhalang dengan make up dan lainnya, proses peremajaan tersebut bisa terhambat.

Itulah beberapa kebiasaan penyebab penuaan dini yang harus Anda hindari. Tinggalkan kebiasaan buruk tersebut dan jangan malam merawat kulit, selamat awet muda ya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...