Kemarau Panjang, Harga Ikan Laut di TPI Minasari Pangandaran Stabil

Ikan Laut di Pangandaran
Ikan laut di TPI Malam Minasari Pantai Timur Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Harga sejumlah ikan laut di Pangandaran, Jawa Barat tergolong normal, padahal saat ini kemarau panjang tengah melanda sejumlah daerah, termasuk pesisir Pantai Pangandaran.

Agus salah seorang pegawai TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Minasari, Pantai Timur Pangandaran, mengatakan, harga ikan saat ini bervariatif tergantung jenis ikan serta besar kecilnya ikan yang dijual nelayan ke TPI.

“Kalau jenis bawal putih di TPI Minasari harganya mencapai Rp 280 ribu per Kg, ikan jenis Lendra mencapai Rp 25 ribu per Kg,” terang Agus kepada HR Online, Kamis (19/9/2019).

Menurut Agus, saat ini jenis ikan di TPI Minasari kurang banyak, hal ini berbeda dengan TPI Cikidang yang memang khusus untuk lelang berbagai jenis ikan.

“Kalau di TPI Minasari yang buka hanya pada waktu malam saja, lebih lebih dominan dikuasai oleh jenis udang,” katanya. 

Sementara itu, untuk jenis ikan yang dijual di TPI Minasari per malam sekitar 1 Kuintal. “Ikan-ikan itu hanya untuk pasokan pasar lokal dan restoran yang ada di Pangandaran,” terang Agus.

Kata dia, nelayan yang menjual hasil tangkapannya di TPI Minasari lebih fokus menangkap udang ketimbang menangkap ikan.

“Lebih banyak yang nangkap udang, mengingat harga udang cukup tinggi dibandingkan dengan ikan, tetapi harga ikan masih stabil,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online)