Kementerian KKP bagikan 18,2 Ton Pakan kepada Kelompok Budidaya Ikan di Kota Banjar

budidaya ikan di Kota Banjar
Penyerahan pakan ikan mandiri oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Kementerian KKP kepada Walikota Banjar. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Laut membagikan 18,2 ton bantuan produksi pakan ikan mandiri kepada kelompok budidaya ikan air tawar Kota Banjar, di Balai Besar Ikan Kubangsari Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (9/9/19).

Perwakilan Kementerian Perikanan dan Kelautan, Sunaryat, mengatakan, bantuan berupa pakan mandiri merupakan program prioritas dari Kementerian KKP melalui Balai Besar Direktorat Jenderal Perikanan yang disalurkan melalui UPT yang ada di daerah.

“Sementara hanya program bantuan pakan ikan air tawar yang bisa diberikan kepada kelompok masyarakat pembudidaya ikan,” kata Sunaryat di hadapan awak media.

Hal itu, menurut Sunaryat, karena pelaku usaha budidaya ikan air tawar lebih banyak dan ada di setiap daerah dibandingkan pelaku usaha budidaya ikan laut.

“Makanya program pakan ikan air tawar ini yang kita prioritaskan,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, M.Si, berharap melalui program bantuan pakan tersebut dapat mendorong pelaku usaha di sektor budidaya perikanan meningkatkan hasil produksi. Selain juga untuk menjaga stok kebutuhan ikan yang dapat mempercepat pertumbuhan laju ekonomi di Kota Banjar.

“Untuk mendukung peningkatan budidaya bisa dilakukan melalui penyediaan bibit unggul dan pelatihan sumberdaya bagi kelompok budidaya ikan,” kata Ade Uu.

Ketika disinggung mengenai kartu asuransi ‘Kusuka’ sebagai jaminan perlindungan bagi kelompok budidaya ikan di Kota Banjar, kata Ade Uu, hal itu masih melihat kemampuan anggaran pemerintah daerah.

“Untuk asuransi kita lihat kekuatan anggaran daerah terlebih dahulu, karena selain perikanan kan masih focus, ada pertanian dan peternakan juga,” pungkasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Loading...