Kesulitan Air, Warga Sindangwangi Pangandaran Butuh Bendungan

Sindangwangi Pangandaran
Lokasi bendungan yang jebol 10 tahun silam. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Karanghonje, Desa Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran berharap bendungan dari sungai Cigede segera dibangun. Pasalnya, dulu bendungan di Sindangwangi Pangandaran tersebut pernah dibangun dan saat ini sudah jebol sejak 10 tahun yang lalu.

Berdasarkan informasi, bendungan tersebut bermanfaat bagi warga untuk mengontrol air yang dialirkan ke sawah dan keperluan rumah tangga.

Ketua Karangtaruna Desa Sindangwangi, Padna, mengatakan, dirinya berharap pemerintah segera membangun bendungan yang lokasi berbatasan antara Desa Sindangwangi dengan Desa Karangsari.

“Luas sawah yang dialiri sekitar 20 hektar. Saat ini saja banyak sawah yang gagal panen karena tidak mendapatkan air dari irigasi, apalagi sumur warga yang kini sudah mongering,” katanya kepada Koran HR, Selasa (3/9/2019).

Padna menambahkan, selain dipergunakan untuk mengairi sawah dan kebutuhan resapan sumur warga, dirinya juga berharap adanya bendungan tersebut bisa dikembangkan sebuah destinasi wisata baru, khususnya di Desa Sindangwangi.

Sementara Kepala Desa Sindangwangi, Kursin Kusnaedi, mengatakan, banyaknya sawah yang gagal panen di Blok Petir Dusun Karanghonje dan Dusun Kawarasan disebabkan kurangnya pasokan air. Karena itu, jika bendungan dibangun, pihaknya yakin kondisi tersebut bisa lebih baik dari saat ini, bahkan bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata.

“Usulan pembangunan bendungan sudah lama, tetapi belum ada realisasi. Dulu ada bendungan tapi sudah jebol sekitar 10-15 tahun. Dampaknya  ketija kemarau seperti ini kekeringan dan susah air,” kata Kursin. (Mad/Koran HR)