Keyboard Laptop tidak Ingin Cepat Rusak? Begini Merawatnya

Keyboard Laptop
Keyboard Laptop. Foto : net/ist

Keyboard laptop yang rusak bisa disebabkan karena beberapa hal. Dari sebab yang sepele seperti adanya debu atau kotoran, sampai yang fatal yaitu terkena tumpahan air.

Dampak dari keyboard yang rusak termasuk sangat besar. Karena jika hal itu terjadi, maka dipastikan tidak bisa mengetik atau mengerjakan tugas baik kantor atau sekolahan.

Sehingga dengan begitu pasti Anda akan mengalami kerugian yang besar. Selain dari segi waktu, juga bakal mengeluarkan biaya baik untuk memperbaiki atau membeli keyboard laptop yang baru.

Seperti peribahasa “lebih baik menjaga dari pada mengobati”. Untuk itu, lebih baik merawat atau menjaga keyboard supaya awet atau tidak cepet rusak, dari pada memperbaiki.

Nah, berikut ini HR Online memberikan solusi supaya keyboard laptop tidak rusak. Dan tips tersebut tidak susah dikerjakan lho.

Merawat Keyboard Laptop

Untuk merawat keyboard pada laptop sebenarnya gampang-gampang susah. Cepat atau tidak rusaknya keyboard tergantung pada diri sendiri yang memakainya.

Sebagai contoh, tidak sedikit orang yang saat menekan tooth keyboard tersebut tekanannya sangat keras. Sehingga mengeluarkan bunyi yang keras atau layaknya menggunakan mesin ketik.

Padahal, jenis keyboard yang ada di beberapa merek laptop ada yang bandel (kuat) dan ada pula yang sangat sensitif.

Sebagai bahan informasi, tooth yang ada di keyboard tersebut saat ditekan maka akan nempel ke papan elektronik keyboard, melalui perantara magnet serta sirkuit.

Biasanya yang sering menekan keyboard terlalu keras adalah mereka yang baru saja belajar mengetik atau menggunakan komputer.

Namun tidak menutup kemungkinan yang sudah terbiasa juga bisa melakukan hal tersebut. Yakni yang sering bermain game di laptop.

Mengapa sering bermain game di laptop bisa membuat keyboard cepat rusak? Untuk mereka yang demen main game di komputer atau sejenisnya, jika tidak menggunakan joy stick maka harus memakai keyboard.

Sehingga, jika kegiatan bermain game yang dilakukan terus menerus maka dampaknya bisa menyebabkan sensitivitas pada keyboard menjadi cepat rusak.

Jadi, jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang, maka jangan harap jika keyboard akan berfungsi dengan baik nantinya.

Rutin membersihkan

Langkah selanjutnya yang menjadikan keyboard laptop bisa berumur panjang adalah rutin membersihkannya, baik dari kotoran debu atau sejenisnya.

Perangkat komputer baik PC maupun laptop yang sering kotor atau terkena debu adalah bagian keyboard. Pasalnya bagian ini berhadapan langsung dan sering dipakai oleh pengguna.

Terlebih yang menggunakan memiliki kebiasaan merokok atau bahkan orangnya jorok. Tidak salah jika keyboard sering error karena tersumbat debu dari sekar rokok.

Debu atau partikel kotoran yang menumpuk atau terjepit di bawah tombol keyboard itu, bisa menghambat bahkan menjadikan tidak berfungsi.

Partikel kotoran itu masuk ke dalam dan menghalangi atau seperti memutuskan sirkuit keyboard, sehingga saat tombol ditekan maka tidak akan berfungsi.

Untuk itu, cara terbaiknya adalah dengan rutin atau berkala membersihkan keyboard, supaya partikel kotoran tersebut tidak menumpuk dan masuk ke dalam.  

Sedangkan alat yang sangat baik dipakai untuk membersihkannya, adalah di bagian luar dengan menggunakan kuas kecil atau brush make up.

Atau bisa juga dengan memakai pembersih debu seperti vacuum cleaner ukuran kecil, atau penyedot debu lainnya yang aman.

Sedangkan untuk membersihkan bagian dalamnya, jika tidak memiliki pengalaman membongkar laptop sebaiknya meminta bantuan orang lain atau pergi ke tukang reparasi.

Pasalnya, jika Anda yang tidak memiliki pengalaman keukeuh ingin membongkar sendiri, bisa-bisa laptop bukannya menjadi baik malah tambah rusak.

Karena membongkar perangkat elektronik yang satu ini terbilang rumit. Dari berbagai merek yang ada di pasaran memiliki karakteristik tersendiri di bagian bodinya.

Jauhkan Laptop dari Benda Cair

Salah satu faktor yang tidak disengaja tapi bisa berakibat fatal pada keyboard laptop bahkan bagian penting lainnya, adalah terkena tumpahan cairan.

Kelemahan dari benda elektronik adalah terkena air. Karena bisa membuat konsleting yang ujung-ujungnya tidak berfungsi dengan baik bahkan mati total.

Untuk itu, diusahakan ketika sedang memakai atau mengoperasikan laptop, sebaiknya jauhkan benda yang menyimpan cairan. Baik itu kopi, air putih atau lainnya.

Karena bukan hanya keyboard laptop saja yang bakalan kena atau rusak, namun juga akan merusak komponen penting lainnya, yang menjadikan laptop mati total. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...
Loading...