Pohon Ketapang Laut di Parigi Pangandaran Ada Penunggunya, Begini Kisahnya

penunggu ketapang laut di parigi
Salah seorang warga menunjukkan pohon ketapang di Blok Cijoho, Desa/Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran yang sering disebut ada penunggunya. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Warga Blok Cijoho, Dusun Purwasari, Desa/Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran sudah lama mengenal cerita hantu Mayangsari yang disebut-sebut sebagai penunggu ketapang laut di Parigi.

Yayah (52), warga setempat mengatakan, berdasarkan cerita warga dari mulut ke mulut, di Blok Cijoho terdapat hantu perempuan yang sering berkeliaran. Warga menyebutnya dengan nama Hantu Mayangsari.

“Konon katanya hantu Mayangsari itu tinggal di pohon ketapang laut di depan pencucian motor dan mobil, jadi penunggu pohon ketapang laut itu,” kata Yayah saat ditemui HR Online di sekitar lokasi, Minggu (1/9/2019).

Yayah menuturkan, pohon ketapang laut tersebut, suatu hari sempat ditebang. Tak disangka, malamnya penebang pohon ketapang laut malah bermimpi menemukan seorang wanita yang sedang menangis meraung-raung.

“Wanita itu mungkin penunggunya, berkata kenapa tempat saya tinggal dirusak? Katanya, saya bingung pulang harus ke mana lagi, pohon ketapang laut yang jadi rumah saya malah ditebang, begitu kata wanita itu di mimpi si penebang pohon,” tuturnya.

Sementara, warga lainnya, Eko (47), menuturkan, Blok Cijoho memang terkenal angker lantaran banyak kejadian di luar nalar manusia.

“Apalagi lokasi sekitar pencucian motor dan mobil, banyak kejadian aneh yang dialami warga,” ujar Eko kepada HR Online, Minggu (1/9/2019).

Rupanya, lokasi pencucian motor dan mobil yang disebut Eko tersebut berdekatan dengan pemakaman tua di Blok Cijoho, Dusun Purwasari. Banyak warga menduga kejadian aneh yang mereka alami lantaran lokasinya berdekatan dengan makam tua tersebut.

“Pertama, ada cerita orang mencuci mobil, ketika dicuci kan mesinnya tentu dimatikan, tapi setelah berse dicuci, mesin mobil malah hidup sendiri,” katanya.  

Bahkan, kata Eko, pernah juga kejadian, ban mobil yang disimpan rapi menggelinding sendiri seolah ada yang menggelindingkan dan mengendalikannya.

“Tempat pencucian motor dan mobil ini memang pencucian paling pertama yang ada di sekitar Parigi,” terang Eko.

Eko menambahkan kisah istrinya yang mau pergi ke masjid untuk berjamaah salat Subuh, pada pukul 04.00 WIB. Istri Eko mengaku melihat penampakan sosok tinggi besar yang cukup menakutkan.

“Anehnya, ketika istri saya akan menghampiri sosok tersebut, malah tiba-tiba terbang ke arah pohon ketapang laut, bahkan yang paling menakutkan sambil mengeluarkan suara geraman keras,” terangnya.

Kisah Horor Lainnya dari Penunggu Ketapang Laut di Parigi

Bukan hanya itu, Rifki, warga lainnya juga mengaku mengalami kejadian aneh saat dirinya bersantai di teras bangunan tempat pencucian motor dan mobil dimana pohon ketapang itu berada.

“Selepas salat Isya, saya sedang bersantai, eh tiba-tiba di kamar mandi kedengaran ada yang mandi, padahal waktu itu saya hanya sendirian,” kata Rifki.

Rifki mengaku takut dan sempat panik. Dia kemudian berlari ke seberang jalan dan meminta tolong warga lainnya.

“Sudah sering mendengar cerita horror ada penunggu ketapang laut di Parigi ini, makanya ketika kejadian sama saya, takut dan panik, sampai lari nyeberang jalan dan minta tolong warga lain,” paparnya. (Ceng2/R7/HR-Online)