Kondisi Puskesmas Pembantu di Pangandaran Ini Memprihatinkan

Kondisi Puskesmas Pembantu
Kondisi Puskesmas Pembantu di Desa Jayasari yang memprihatinkan. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Keberadaan pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas Pembantu yang berada di Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, konsisinya sudah sangat memprihatinkan. Puskesmas tersebut selain kondisi catnya yang sudah memudar, temboknya pun juga sudah banyak yang rusak.

Bunyamin, tokoh masyarakat Desa Jayasari, mengatakan, Puskesmas Pembantu tersebut merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas.

Selain itu, Puskesmas pembantu ini juga bagian integral dari Puskesmas yang mana berguna untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Namun jika melihat kondisi Pustu (Puskesmas Pembantu, red) seperti ini,  tentu kita sebagai masyarakat sangat menyayangkan, kondisinya sudah rusak. Sementara ini adalah tempat pelayanan satu- satunya di wilayah Desa Jayasari,” ujarnya, Senin (9/9/2019).

Bunyamin beraharap, pemerintah bisa secepatnya memperbaiki Pustu tersebut agar proses pelayanan kesehatan berjalan lancar.

“Jarak menuju Puskesmas dari Jayasari itu cukup jauh, jadi kebanyakan masyarakat di Desa Jayasari memeriksa kesehatannya di Pustu ini,” ujarnya.

Bunyamin mengatakan, perbaikan Pustu tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, pemerintah juga menyarankan agar proses persalinan bayi bisa dilakukan di Pustu. Karena itu, sudah selayaknya diperbaiki.

“Pemerintah desa harus mampu mendorong dan mengajukan kepada pemerintah daerah atau provinsi agar pembangunan sarana kesehatan ini segera diperbaiki, masyarakat tidak paham bersumber dari dana apa, masyarakat hanya ingin sarana umum ini diperbaiki dengan cepat,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)