Lahan Perbukitan di Kota Banjar Terbakar, Penyebabnya Gara-gara Bakar Sampah

Kebakaran lahan di kawasan perkebunan warga yang berada di perbatasan Desa Neglasari-Balokang Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, sekitar pukul 11.30 WIB, Jum'at (13/09/2019). Foto: Muslihin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kebakaran lahan terjadi di kawasan perkebunan warga yang berada di perbatasan Desa Neglasari-Balokang Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, sekitar pukul 11.30 WIB, Jum’at (13/09/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, titik api berasal dari area perkampungan warga yang letaknya berada di bawah perkebunan tersebut.

Kemudian api merambat ke lahan perbukitan bagian atas dan membakar sejumlah pohon bambu yang sudah kering. Diduga penyebab kebakaran dari sisa pembakaran sampah warga.

Banyaknya titik api serta lokasi kebakaran berada di perbukitan terjal, membuat petugas Damkar BPBD Kota Banjar kesulitan memadamkan api. Terlebih mobil Damkar tidak bisa masuk atau mendekati area lahan yang terjadi kebakaran.

Kepala UPT Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya, mengatakan, luasnya titik api dan ditambah titik kebakaran berada di perbukitan menjadi kendala.”Tadinya titik api hanya sedikit. Tapi sekarang makin meluas ke perbukitan bagian atas dan masih kami pantau,” kata Aam kepada HR Online.

Untuk mengantisipasi kebakaran agar tidak meluas, Tim Damkar Kota Banjar terus berusaha memadamkan api. Informasi terakhir yang diterima HR Online, kobaran api akhirnya bisa dipadamkan pada sekitar pukul 17.00 WIB. (Muhlisin/R2/HR-Online)