Lemak Perut Susah Hilang? Cobalah Solusi Ini!

lemak perut susah hilang
Ilustrasi lemak perut. Foto Istimewa

Lemak perut susah hilang kini tak perlu khawatir dan sudah ada solusinya. Lemak perut jangan dianggap sepele. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan meski telah melakukan senam atau alternatif lain. Apalagi kondisi ini menyimpan bahaya yang sebaiknya segera dicegah atau yang sudah secepatnya ditangani.

Penumpukan lemak di sekitar perut bisa dialami siapa saja, baik wanita maupun pria. Kondisi ini juga bukan hanya terjadi pada orang dengan obesitas namun juga orang yang memiliki tubuh ideal.

Menumpuknya lemak di perut yang populer dengan sebutan belly fat ini lebih diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat yang dijalani. Terutama karena kebiasaan makan makanan tinggi karbohidrat tapi kurang gerak.

Meski sudah melakukan upaya diet dengan mengurangi porsi makan, namun tetap melakukan kebiasaan di atas tetap saja lemak perut susah hilang.

Lemak perut juga disebabkan dari konsumsi makanan yang tidak diimbangi dengan makanan berserat yang variatif. Makanan yang tidak langsung tercerna akan tertimbun menjadi lemak di sekitar perut.

Lemak Perut Susah Hilang Harus Diwaspadai!

Muncul dan menumpuknya lemak di sekitar perut bukan hanya akan membuat penampilan anda tidak menarik. Kondisi ini ternyata juga mengindikasikan potensi dan risiko penyakit yang mesti diwaspadai.

Berikut ini beberapa bahaya lemak perut susah hilang yang sebaiknya diwaspadai karena adanya sejumlah potensi penyakit yang berbahaya.

Bisa Memicu Darah Tinggi dan Stroke

Penumpukan lemak di sekitar perut yang tak terkendali juga dapat menyebabkan sakit kepala dan memicu risiko terkena penyakit darah tinggi dan stroke.

Memicu Penyakit Jantung Koroner

Tertimbunnya lemak pada bagian perut ternyata juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung koroner. Jantung koroner bisa disebabkan berbagai faktor seperti faktor genetik maupun karena gaya hidup tidak sehat.

Indikasi Gejala Diabetes Tipe Dua

Menumpuknya lemak ataupun lemak perut susah hilang bisa memberikan indikasi gejala diabetes tipe dua yang perlu diwaspadai. Hal ini karena berkaitan dengan adanya lemak visceral yang menyebabkan diabetes tipe dua.

Lemak visceral biasanya menumpuk dekat organ vital, seperti hati, jantung,paru-paru, atau dekat saluran pencernaan. Lemak inilah yang menyebabkan insulin tak mampu lagi mengontrol gula darah dalam tubuh.

Langkah Mudah Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Selain risiko penyakit yang berbahaya, menghilangkan lemak perut juga berguna untuk merampingkan perut. Apalagi untuk wanita. Dengan perut yang ramping tentunya akan membuat penampilan tambah menarik.

Nah, buat anda yang memiliki lemak perut susah hilang, ada kok lankah mudah untuk menghilangkannya. Yuk simak saja beberapa cara menghilangkan lemak di perut yang bisa anda lakukan berikut ini.

Hentikan Kebiasaan Ngemil Makanan Manis

Jika anda termasuk orang yang suka ngemil makanan manis sebaiknya hentikan dari sekarang. Cemilan yang banyak kandungan gulanya, pewarna, atau perasa buatan gampang menimbun lemak di perut dan perut buncit.

Jikapun anda masih ingin ngemil sebaiknya cari atau bikin sendiri cemilan yang sehat dan alami yang kaya dengan kandungan nutrisi. Selain baik untuk kesehatan, cemilan buatan sendiri biasanya lebih murah.

Hindari Kebiasaan Makan Menjelang Tidur

Makan malam yang dilakukan menjelang tidur juga merupakan kebiasaan yang harus segera diubah. Makanan yang tak terolah karena keburu tidur menyebabkan tertimbunnya lemak dan menyebabkan lemak perut susah hilang.

Tubuh biasanya memerlukan setidaknya 2 – 3 jam dalam mengolah makanan yang masuk. Karena itu perhatikan waktu makan malam dan waktu tidur agar makanan bisa diolah dengan sempurna.

Atur Waktu Tidur yang Cukup

Meski sudah melakukan program diet namun masih terbiasa tidur larut malam dipastikan lemak perut susah hilang. Sebab dari kurang istirahat akibat begadang akan berdampak pada penimbunan lemak perut.

Kurangnya waktu istirahat akan memicu peningkatan kortisol (hormon stres) yang merangsang nafsu makan makanan atau minuman manis.

Disiplin Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk menyeimbangkan asupan dan energi yang digunakan. Tanpa gerakan fisik, asupan makanan hanya akan tertimbun dalam tubuh dan menimbulkan lemak perut.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, seperti latihan sit-up dan push-up, dengan cardio training, ataupun sekedar joging, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga rutin akan mempercepat melenyapkan lemak perut.

Itulah berbagai risiko lemak perut susah hilang maupun cara menghilangkan lemak di perut yang semoga bermanfaat. (R8/HR-Online)