Lestarikan Warisan Leluhur, Nelayan Pangandaran Gelar Hajat Laut Masyarakat Basisir

Masyarakat Basisir Pangandaran
Ilustrasi nelayan Pangandaran menggelar tradisi hajat lalut masyarakat Basisir. Foto: Net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Para nelayan di Kabupaten Pangandaran menggelar tradisi hajat laut masyarakat basisir yang berlangsung selama 3 hari, yakni mulai Kamis hingga Sabtu mendatang, 26-28 September 2019.

Menurut Tokoh Paguyuban Jaka Tingkir Pangandaran, Dede Sunardi, tradisi masyarakat basisir tersebut merupakan salah satu agenda tahunan yang digelar para nelayan setiap Jum’at Kliwon di bulan Muharam.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan sumber daya alam dari laut yang bisa dinikmati oleh para nelayan,” kata Dede, Rabu (25/9/2019).

Dede menambahkan, selain menjadi bentuk syukur para nelayan, momen ini juga diadikan ajang silaturahim sesama nelayan dan masyarakat Pangandaran.

Tradisi ini, kata Dede, sudah mulai terancam punah. Karena itu, guna melestarikannya perlu dijadikan agenda tahunan agar semua masyarakat tahu dan mempertahankan tradisi warisan leluhur tersebut.

“Kegiatannya berlangsung di Blok Sentra Belanja Nanjung Sari Pantai Barat Pangandaran. Dalam kegiatan ini, di antaranya ada ijab dongdang, kamitan dongdang, kirab dongdang, larung dongdang, tawasul, cucurak dan pentas seni budaya,” pungkasnya. (Ceng2/R6/HR-Online)

Loading...