Ternyata Makan Seafood Bisa Hilangkan Stres, Ini Penjelasan Ilimiahnya

Makan Seafood Bisa Hilangkan Stres, Ini Penjelasan Ilimiahnya
Makan seafood bisa hilangkan stres dan depresi. Photo : Net/Ist.

Ternyata makan seafood bisa hilangkan stres dan depresi. Hal itu karena kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam seafood mampu memperbaiki kondisi mood kita.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/09/2019), mengonsumsi seafood selain dapat menghilangkan stres dan depresi, juga menjadi kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang karena rasanya yang enak.

Keterkaitan Seafood dan Mood

Menurut ahli gizi dan dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Dr Elvira Syamsir, bahwa makan seafood bisa hilangkan stres dan depresi.

Meskipun kita sebaiknya jangan menghubungkan keterkaitan mood dengan apa yang kita makan, namun hal ini tak bisa dipungkiri jika nutrisi tertentu yang ada dalam beberapa jenis makanan dapat memperbaiki mood seseorang, salah satunya seafood.

Kandungan Nutrisi

Selain memanjakan lidah karena memiliki rasa yang enak, makan seafood juga dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh, termasuk menyingkirkan stres. Jika dibiarkan, stres bisa berujung depresi.

Diketahui seafood mengandung zat yang sangat dibutuhkan tubuh, karena mengandung omega 3, omega 6 dan omega 9. Dari sekian manfaat ketiga jenis asam lemak tersebut, salah satunya dapat membantu menghilangkan stres.

Seafood Baik untuk Jantung

Tak sedikit orang yang menghindari makan seafood lantaran takut tiba-tiba kadar kolesterolnya naik. Banyak pula yang mengalami sakit kepala hebat usai mengonsumsi seafood dalam jumlah banyak, kemudian menyalahkan makanan laut tersebut yang menjadi penyebabnya.

Padahal, jika makan seafood dengan porsi yang benar justru baik buat kesehatan jantung. Karena sebenarnya kolesterol merupakan zat yang telah diproduksi tubuh, sedangkan asupan makanan sendiri perannya sangat kecil dalam meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

Alasan Wajib Makan Seafood

Mengonsumsi seafood secara rutin bisa dikatakan wajib karena makanan laut ini banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh lantaran tubuh tidak memproduski zat tersebut.

Diketahui asam amino esensial yang terkandung dalam seafood sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan zat tersebut tidak diproduksi oleh tubuh. Jadi, rutin makan seafood merupakan cara terbaik supaya kebutuhan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

Seafood Penuhi Kebutuhan Protein Harian

Jika dibandingkan dengan daging merah, seafood mengandung sumber protein tinggi yang paling sedikit mengandung efek samping, sehingga dapat dijadikana pilihan tepat guna memenuhi kebutuhan protein harian.

Sebagai informasi bahwa tubuh kita butuh sekitar 2.100 kalori dalam setiap harinya. Namun, hal itu tergantung dari berat badan serta jenis aktivitas masing-masing orang. Dari jumlah kalori harian, maka protein yang dibutuhkan tubuh jumlahnya sekitar 30 persen.

Dengan sejumlah kandungan nutrisi dan vitamin penting tersebut, makan seafood sangat dianjurkan agar apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita dapat terpenuhi, yang tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...