Manfaat Bawang Putih yang Ditaruh di Bawah Bantal

Manfaat bawang putih
Ilustrasi Manfaat bawang putih yang ditaruh di bawah bantal. Foto: Net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Manfaat bawang putih bagi kesehatan memang tidak bisa diragukan lagi kehebatannya, apalagi bumbu dapur yang memiliki nama ilmiah Allium Sativum ini ternyata juga memiliki manfaat ketika ditaruh di bawah bantal.

Perlu diketahui, penggunaan bawang putih oleh manusia diprediksi sudah berlangsung sejak 7000 tahun lalu, khususnya di wilayah Asia Tengah.

Sementara dalam sebuah catatan, di zaman Mesir kuno manfaat bawang putih di antaranya digunakan masyarakat saat itu untuk campuran masakan serta pengobatan.

Sedangkan manfaat bawang putih yang sengaja ditaruh di bawah bantal, ternyata banyak sekai manfaatnya, baik untuk memberikan kenyamanan saat beristirahat maupun mengusir dari serangga. Di antara manfaatnya ketika ditaruh di bawah bantal adalah:

Membuat nafas menjadi lebih baik

Kandungan alicin yang ada di dalam bawang putih memiliki kemampuan secara alami untuk menipiskan lendir, bahkan sampai benar-benar terkuras. Dari efek positif ini, nafas Anda akan semakin meningkat dan membuat badan menjadi lebih enak.

Namun bila cara menaruh 1-2 siung bawang di bawah bantal tidak cukup, membuat uap bawang putih bisa menjadi alternatifnya. Caranya sangat mudah, hancurkan 3-5 bawang. Kemudian, masukkan bawang tersebut ke dalam air yang sedang mendidih dan api sudah dimatikan. Setelah dimasukkan, hiruplah uap dari air tersebut.

Menjadi jarang sakit

Meski sakit adalah sesuatu yang wajar dialami setiap orang, namun menjaga tubuh agar tidak mudah sakit cukup sulit. Kendati demikian, jangan risau lantaran manfaat bawang putih di antaranya menjadi bahan antibakteri yang sangat kuat, bahkan bisa melawan kuman.

Selain bisa berdampak baik bagi kesehatan, bawang putih yang ditaruh di bawah bantal mampu mempersingkat durasi pilek serta bisa menangkal kuman yang lewat ketika Anda tidur.

Tidur Anda semakin nyenyak

Bagi yang memiliki riwayat insomnia, bawang putih bisa menjadi salah satu solusinya. Sebab, bawang putih sejak berabad-abad lalu digunakan masyarakat untuk membantu agar seseorang tidurnya menjadi lebih nyenyak. Apalagi karena kandungan alicinnya.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Lanang Tak Cuma Ampuh untuk Pria

Dapat mengusir serangga

Bagi Anda yang tidak bisa tidur lantaran khawatir dengan serangga yang mendekat, Anda bisa melakukan pencegahan dengan menaruh beberapa siung di bawah bantal. Langkah ini merupakan salah satu manfaat dari bawang putih, apalagi bawang merupakan racun bagi sebagian serangga. Jadi, secara otomatis menjadi ini menjadi bahan alami pengusir serangga. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...